Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gampang, Ini 5 Cara Membuat Ruang Kecil Tampak Lebih Besar dan Praktis

Kompas.com - 07/08/2022, 07:56 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memberi ruangan Anda tampilan ideal yang sesuai dengan setiap item bukan hal mudah, terutama jika memiliki ruang terbatas.

Namun, frustrasi dan meratapi apa yang harus dilakukan tidak akan membuat perbedaan pada ruang kecil. Dengan, menerapkan beberapa trik desain sederhana bisa membuat ruang kecil tampak dan terasa lebih besar serta praktis.

Nah, berikut lima cara membuat ruang kecil tampak lebih besar dan praktis dilansir dari My Decorative, Minggu (7/8/2022).  

Baca juga: 4 Cara Membuat Dapur Kecil Tampak Lebih Besar dan Cantik

Gunakan warna cat monokromatik 

Ilustrasi rumah kecil, ruang kecil, dapur kecilSHUTTERSTOCK/Artazum Ilustrasi rumah kecil, ruang kecil, dapur kecil
Ruang kecil sulit dirancang, tapi menggunakan warna cat yang tepat dapat mempengaruhi tampilan ruangan secara signifikan.

Menggunakan warna-warna terang seperti putih atau cream dapat menciptakan ilusi pada ruang kecil sehingga terasa lebih luas.

Hal ini terutama karena warna terang memantulkan cahaya, sedangkan warna gelap menyerapnya. Ada beberapa warna cat terang yang bisa digunakan pada dinding untuk memperbesar tampilan ruang kecil.

Selain itu, cara membuat ruang kecil tampak lebih besar dan praktis adalah menggunakan cahaya monokromatik pada kusen jendela dan pintu untuk memperluas ilusi sehingga terlihat lapang dan luas.

Trik lain yang bisa digunakan adalah mengecat trim dinding dengan warna lebih terang daripada bagian dinding lainnya. 

Baca juga: 5 Cara Membuat Ruang Kecil Tampak Besar dan Luas 

Tingkatkan cahaya alami ke dalam ruangan

Cahaya membuat segalanya terlihat lebih terang dari sebelumnya. Ini menjadi cara membuat ruang kecil tampak lebih besar dan praktis.

Gunakan pintu dan jendela yang lebih besar guna mendorong pencahayaan di dalam ruangan. Namun, jika anggaran tidak memungkinkan untuk membuat perubahan besar, Anda dapat memasang lampu pada dinding untuk membawa lebih banyak cahaya dan membuat ruangan terasa lebih besar. 

Baca juga: 7 Kesalahan yang Dilakukan Pemilik Rumah Saat Mendesain Ruang Kecil

Singkirkan kekacauan

Ilustrasi rumah kecil, ruang kecil, dapur kecil, ilustrasi rumah berkonsep terbuka.SHUTTERSTOCK/Cinematographer Ilustrasi rumah kecil, ruang kecil, dapur kecil, ilustrasi rumah berkonsep terbuka.
Selanjutnya, cara membuat ruang kecil tampak lebih besar dan praktis adalah menyingkirkan kekacauan. Ruangan yang berantakan tak hanya membuat pusing, tapi juga ruang kecil semakin sempit.

Inilah sebabnya perlu menyingkirkan barang berlebih di ruang keci. Setelah menyingkirkan kekacauan, Anda akan merasakan ruangan menjadi lebih terbuka, lapang, dan teratur.

Cara lain mengurangi barang-barang yang tidak perlu di dalam ruangan adalah menyingkirkan gambar dan lukisan yang membuat ruang kecil terasa berantakan dan sesak. 

Pastikan hanya ada satu titik fokus di ruangan yang akan menarik perhatian. Misalnya, di kamar tidur, gunakan tempat tidur sebagai titik fokus utama. 

Baca juga: 5 Furnitur yang Harus Disingkirkan dari Ruang Kecil

Gunakan furnitur besar

Ilustrasi ruang kecil atau ruang tamu kecilUnsplash/Francesca Tosolini Ilustrasi ruang kecil atau ruang tamu kecil
Alih-alih mengisi ruang kecil dengan berbagai furnitur kecil, sebaiknya memilih furnitur yang lebih besar dan sedikit. Ini karena ukurannya yang praktis dan tidak membutuhkan ruang banyak untuk penempatan. 

Selain itu, membeli satu furnitur besar memberi Anda lebih banyak ruang untuk berjalan-jalan serta membuat ruang kecil terasa lebih besar dan nyaman. 

Baca juga: Perhatikan, Ini 4 Tips Memilih Furnitur untuk Ruang Kecil

Tempatkan cermin secara strategis 

Terakhir, cara membuat ruang kecil tampak lebih besar dan praktis adalah menggunakan cermin. Cermin memantulkan cahaya alami dan buatan yang masuk ke ruangan sehingga memaksimalkan ruang kecil. 

Tempatkan cermin pada sudut ke arah jendela atau berdekatan dengan jendela itu sendiri. Pada penghujung hari, cermin menciptakan kesan terbuka pada ruang kecil sehingga membuatnya terasa dan tampak lebih besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com