Kompas.com - 07/08/2022, 07:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Alaskan malamute adalah salah satu ras anjing populer dan banyak dipelihara di dunia.

Anjing yang berasal dari Alaska, Amerika Serikat, ini memiliki bulu sangat tebal serta bertubuh besar dan kuat yang dibangun untuk stamina serta kekuatan. 

Baca juga: Perbedaan antara Alaskan Malamute dan Siberian Husky

Tampilan Alaskan malamute ini mirip dengan Siberian husky. Ya, keduanya memang berasal dari nenek moyang yang sama, yakni serigala.

Selain itu, anjing Malamute bermata cokelat cerah berbentuk almond, moncong maju berukuran sedang, ekor sering melengkung ke belakang, telinga tegak, dan kepala berbentuk baji. 

Selain tampilan menarik, anjing Alaskan malamute masih menyimpan sejumlah fakta menarik. Bila Anda tertarik memeliharanya, berikut empat fakta menarik anjing Alaskan malamute dilansir dari berbagai sumber, Minggu (7/8/2022).  

Baca juga: Mengenal 4 Ras Anjing Asal Alaska yang Tangguh, Energik, dan Ramah

Ras anjing tertua

Ilustrasi Alaskan malamuteUnsplash/Monika Stawowy Ilustrasi Alaskan malamute
Pertama, fakta menarik Alaskan malamute adalah salah satu ras anjing tertua di dunia yang penampilan aslinya belum berubah secara signifikan. 

Dilansir dari Purina, Alaska malamute adalah salah satu anjing kereta luncur tertua dan terkuat. Anjing ini begitu dicintai oleh orang-orang Mahlemut di Alaska, yang akhirnya disematkan sebagai nama untuk anjing besar ini. 

Tidak jelas berapa lama Alaskan malamute muncul, tetapi ada sejarah menunjukkan bahwa ras anjing ini telah bekerja di Alaska selama lebih dari 5000 tahun dan digunakan untuk mengangkut beban berat. 

Baca juga: Fakta-fakta Tentang Siberian Husky, Wajah Mirip Serigala tapi Lembut

Kabarnya, dikutip dari Dogtime, nenek moyang Alaskan Malamute melintasi jembatan darat dari Siberia ke Alaska bersama penduduk asli ribuan tahun silam. 

Suku Mahlemut menetap di daerah timur laut Semenanjung Seward dan menjadi tempat Alaska Malamute dikembangkan. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.