Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mengatasi Mesin Pencuci Piring yang Tidak Menguras

Kompas.com - 18/05/2023, 07:38 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin pencuci piring bisa mengalami sejumlah masalah seiring penggunaan dan berjalannya waktu. 

Salah satunya, mesin pencuci piring tidak menguras ait. Tentu saja, ini menjadi situasi tidak menyenangkan karena Anda menemukan genangan air saat mencuci piring dan peralatan lainnya. 

Baca juga: Ketahui, Ini Tanda Mesin Pencuci Piring Bermasalah

Meski terlihat mengkhawatirkan, mesin pencuci piring yang gagal menguras dengan benar belum tentu merupakan keadaan darurat pipa ledeng.

Dalam banyak kasus, masalah mesin pencuci piring tidak menguras ini dapat diperbaiki tanpa perlu bantuan profesional. Namun, masalah pengurasan yang seriusmembutuhkan jasa tukang ledeng.

Dilansir dari Rhythm of the Home, Kamis (18/5/2023), berikut sejumlah cara mengatasi mesin pencuci piring yang tidak menguras

Bersihkan filter

Ilustrasi mesin pencuci piring atau dishwasher. SHUTTERSTOCK/LESZEK GLASNER Ilustrasi mesin pencuci piring atau dishwasher.
Filter yang kotor sering kali menjadi penyebab mesin pencuci piring tidak menguras. Ini adalah metode cukup sederhana untuk dicoba sebelum mencari solusi yang lebih rumit.

Tugas ini perlu dilakukan secara teratur agar alat berfungsi baik, terkadang perlu mengganti filter sepenuhnya.

Jika tidak yakin lokasi filter pada mesin pencuci piring, periksa buku petunjuk pengoperasian atau instruksi asli unit. Filter yang tersumbat harus dibersihkan di bawah keran air yang mengalir, kemudian diposisikan kembali dengan benar di tempat semula.

Aksesori kecil ini memiliki peran penting mencegah sisa makanan yang lebih besar dari masalah pengurasan. 

Baca juga: Cara Membersihkan Mesin Pencuci Piring Pakai Bahan Alami

Jalankan pembuangan sampah 

Karena banyak unit mesin pencuci piring yang selang pembuangannya terhubung ke saluran pembuangan sampah, sebaiknya mencoba menjalankan pembuangan sampah untuk menghilangkan lumpur makanan yang mungkin mengendap.

Anda akan terkejut betapa cara mengatasi mesin pencuci piring yang tidak menguras ini bekerja sangat baik membersihkan semua sisa makanan dari saluran pembuangan.

Periksa selang pembuangan

Ilustrasi mesin pencuci piring.Shutterstock/Varavin88 Ilustrasi mesin pencuci piring.
Selang pembuangan yang bengkok bisa menyebabkan mesin cuci piring tidak menguras. Inilah sebabnya disarankan memeriksa selang pembuangan mesin pencuci piring dengan hati-hati untuk melihat apakah ada yang salah dengannya.

Periksa apakah ada penyumbatan, tetapi pastikan juga segelnya kencang. Selang pembuangan adalah bagian penting dari mesin pencuci piring, jadi pastikan tidak bermasalah. 

Baca juga: 10 Benda yang Tidak Boleh Dicuci dengan Mesin Pencuci Piring

Selang pembuangan yang tersumbat biasanya dipenuhi dengan sisa makanan yang menumpuk. Dalam beberapa kasus, Anda perlu mencoba beberapa metode untuk membuka sumbatan dan mengeluarkannya sepenuhnya dari mesin pencuci piring.

Jika selang pembuangan tampak baik-baik saja, mungkin masalahnya berasal dari saluran pembuangan wastafel. Sebaiknya, memeriksa apakah ada penyumbatan untuk mengesampingkan kemungkinan ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com