Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Noda Pasta Gigi dari Pakaian dengan Bahan Alami

Kompas.com - 17/05/2023, 18:00 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat menyikat gigi, terutama sedang terburu-buru, dapat membuat pasta mengenai pakaian, keset, dan permukaan lain di kamar mandi.

Pasta gigi dapat meninggalkan noda putih. Untungnya, menghilangkan noda pasta gigi dari pakaian atau permukaan lain mudah dilakukan Anda dapat menggunakan bahan-bahan rumahan. 

Dilansir dari Love to Know, Rabu (17/5/2023), berikut tips menghilangkan noda pasta gigi dari pakaian dengan bahan alami

Baca juga: 10 Manfaat Pasta Gigi untuk Membersihkan Rumah

Membersihkan noda dari pakaian

  • Cuka dan lemon

Ilustrasi cuka, cuka putih.SHUTTERSTOCK/FOCAL POINT Ilustrasi cuka, cuka putih.
Jika membutuhkan solusi cepat untuk menghilangkan noda pasta gigi dari pakaian dan celana favorit Anda, gunakan cuka putih, bola kapas, lemon, dan air dingin. Berikut cara memanfaatkannya:

  1. Celupkan bola kapas ke dalam cuka putih dan oleskan pada area yang terkena noda.
  2. Gunakan separuh bagian lemon untuk menggosok noda dengan lembut dan mengangkat sisa pasta gigi.
  3. Setelah noda terangkat, gunakan bola kapas bersih untuk mengoleskan air dingin ke area tersebut guna membilas dengan lembut tanpa merendam seluruh pakaian dalam air.

Baca juga: Cara Menghilangkan Goresan di Pintu Oven, Bisa Pakai Pasta Gigi

  • Kain mikrofiber

 

Jika dapat mengatasi noda dengan segera, menggunakan kain mikrofiber dapat mengatasi masalah dengan mudah. Untuk menggunakan cara ini, siapkan pisau mentega atau sendok, kain mikrofiber atau kain lap, dan air dingin.

  1. Kikis gumpalan pasta gigi sesegera mungkin menggunakan pisau mentega atau sendok. Hindari menekan noda karena bisa membuatnya lebih jauh ke dalam serat dan lakukan dengan gerakan ke atas.
  2. Basahi kain mikrofiber dengan air dingin sehingga lembap dan lap secara menyeluruh.
  3. Terapkan kain pada noda, tekan pada area yang terkena noda, dan gosok dengan lembut. Dengan cara ini, noda akan terangkat secara perlahan dan tambahkan lebih banyak air jika perlu.
  4. Cuci pakaian seperti biasa untuk memastikan pakaian benar-benar bersih.

Baca juga: 6 Benda di Rumah yang Cocok Dibersihkan Pakai Kain Mikrofiber

Jika ingin segera membersihkan tumpahan pasta gigi setelah terjadi, teknik ini dapat mengatasinya. Siapkan pisau mentega atau sendok, sikat gigi berbulu lembut, dan sabun pencuci piring atau pakaian.

  1. Kikis pasta gigi ke atas dan bawah dari pakaian tanpa menggunakan terlalu banyak tekanan. Perlu diingat, jangan sampai menekan pasta gigi lebih dalam karena bisa membuatnya masuk ke serat.
  2. Oleskan beberapa tetes sabun pencuci piring atau detergen pada noda.
  3. Gunakan sikat gigi bersih untuk menggosok noda dengan lembut, mengangkat sisa pasta gigi dari serat, serta tmbahkan sedikit air jika diperlukan.
  4. Masukkan pakaian ke mesin cuci dan bersihkan seperti biasa.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com