Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/05/2023, 09:42 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ikan cupang yang tidak mau makan adalah masalah umum yang dialami banyak pemilik. Tentu saja, hal ini membuat pemiliknya khawatir, bahkan stres.

Ada beberapa hal yang membuat ikan cupang tidak mau makan. Sebagian besar hal ini berhubungan dengan pemeliharaan yang tidak tepat atau seberapa baik Anda memelihara ikan cupang

Baca juga: Seberapa Sering dan Banyak Memberi Makan Ikan Cupang?

Melakukan beberapa perubahan kecil secepatnya dapat sangat meningkatkan kemungkinan ikan cupang kembali makan secara normal.

Dikutip dari The Spruce Pets, Selasa (16/5/2023), berikut sejumlah penyebab ikan cupang tidak mau makan.

Kualitas air

Ilustrasi ikan cupang.Shutterstock/panpilai paipa Ilustrasi ikan cupang.
Ikan cupang yang berada dalam kualitas air yang buruk akan mengalami stres. Karena ikan cupang tidak dapat melarikan diri dari lingkungan ini, paparan air yang buruk secara konstan menghasilkan keadaan stres kronis.

Dengan sistem kekebalan tubuh yang mengalami stres berlebihan, ikan cupang menjadi merasa tidak enak badan. Akibatnya, fungsi kekebalan tubuhnya menurun, upaya reproduksi dan pertumbuhan menurun, serta nafsu makan berkurang.

Untungnya, kualitas air yang buruk adalah salah satu hal yang paling mudah diatasi. Pindahkan ikan cupang, lalu masukkan ke akuarium berpemanas dan berfilter berukuran 18-37 liter. 

Uji kualitas air secara teratur dengan alat uji berbasis cairan dan lakukan perawatan rutin agar parameter kualitas air tetap dalam kisaran normal.  

Baca juga: Ketahui, Ini Penyebab Ikan Cupang Berkelahi

Kualitas makanan yang buruk

Selanjutnya, penyebab ikan cupang tidak mau makan adalah kualitas makanan yang buruk. Setelah enam bulan, makanan ikan cupang akan kehilangan sebagian besar kandungan vitamin yang larut dalam air, termasuk vitamin C.

Belum lagi, semua makanan menjadi basi setelah dibuka berulang kali setiap hari. Ikan cupang mengandalkan indera penciumannya untuk menemukan makanannya. Jika makanannya sudah basi, baunya tidak sedap dan menjadi penyebab ikan cupang tidak mau makan. 

Semua ikan cupang harus diberi makan dua sampai tiga kali sehari. Gunakan makanan pelet segar yang diganti setidaknya setiap enam bulan.

Memberi makan ikan cupang makanan yang sudaf terlalu lama dapat berakibat serius bagi kesehatannya. Makanan lama telah kehilangan nilai nutrisinya, terutama vitamin.

Tanpa vitamin C dan E yang meningkatkan kekebalan tubuh, ikan cupang akan lebih rentan terhadap infeksi sekunder dari lingkungan sekitar. 

Baca juga: Seberapa Sering Akuarium Ikan Cupang Harus Dibersihkan?

Memberi makan berlebihan

Ilustrasi ikan cupang.Shutterstock/panpilai paipa Ilustrasi ikan cupang.
Beberapa ikan cupang memiliki mata lebih besar daripada perutnya dan akan memakan semua makanan yang ada di dalam akuariumnya.

Namun, jika metabolismenya tidak dapat mengimbangi, makanan akan menumpuk dan dapat menyebabkan gangguan pencernaan serius.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com