Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/05/2023, 21:18 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hewan peliharaan tidak dilengkapi dengan instruksi pemberian makan yang spesifik.

Misalnya, untuk ikan cupang, memiliki pola makan berbeda-beda dan berbagai rekomendasi online mungkin sulit bagi sebagian besar pemilik untuk mengetahui berapa banyak makanan yang sesuai untuk ikan peliharaan mereka. 

Baca juga: 7 Penyebab Ekor Ikan Cupang Keriting

Selama ikan cupang tinggal di akuarium yang disaring dan dipanaskan, ikan memiliki awal yang baik untuk hidup panjang dan sehat.

Soal berapa banyak makanan yang harus diberikan kepada ikan cupang, bergantung pada beberapa faktor utama dan berapa banyak waktu yang Anda habiskan di sekitar akuarium.

Persiapan memberi makan ikan cupang

Ilustrasi ikan cupang berkelahi.Shutterstock/panpilai paipa Ilustrasi ikan cupang berkelahi.
Sebagai ikan tropis, kebutuhan metabolisme ikan cupang mengharuskannya memiliki kalori lebih tinggi dalam makanannya.

Ikan cupang harus menyeret ekornya yang berornamen, yang membutuhkan lebih banyak kalori dan banyak waktu istirahat.

Dikutip dari The Spruce Pets, Senin (15/5/2023), penelitian menunjukkan tingkat protein makanan ikan cupang harus sekitar 35 persen dan dapat berupa campuran protein nabati dan hewani. 

Baca juga: 6 Manfaat Daun Ketapang untuk Ikan Cupang dan Cara Mengolahnya

Meski ikan cupang liar mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serangga, sebagian besar ikan cupang peliharaan akan diberi makanan komersial guna meningkatkan kesehatannya. 

Untuk makanan ikan cupang komersial, ukuran pelet akan sangat bervariasi. Sulit  memberikan sejumlah pelet per pemberian makan yang konsisten untuk semua diet komersial.

Apa pun makanan yang Anda pilih untuk ikan cupang, jangan berharap ikan benar-benar menghabiskan semua makanan dalam wadah sebelum makanan menjadi basi.

Setelah sekitar enam bulan, kandungan vitamin yang larut dalam air, termasuk Vitamin C, telah berkurang kualitasnya. Anda harus mengganti wadah makanan ikan cupang sebelum mereka benar-benar menghabiskan semuanya. 

Baca juga: Berapa Lama Ikan Cupang Bisa Bertahan Hidup Tanpa Makanan? 

Berapa banyak memberi makan ikan cupang? 

Ilustrasi ikan cupang.Shutterstock/panpilai paipa Ilustrasi ikan cupang.
Mengingat variasi ukuran pelet dalam pakan komersial, rekomendasi terbaik memberi makan ikan cupang adalah mempertimbangkan anatomi ikan.

Untuk satu kali makan, berikan ikan cupang pelet dalam jumlah sama dengan ukuran salah satu bola matanya. Tergantung pada diet yang Anda pilih, ini bisa sesedikit dua atau tiga pelet atau sebanyak 10 hingga 12 pelet.

Jika harus memberi makan lebih dari delapan pelet, mulailah dengan setengah dari jumlah tersebut. Biarkan ikan cupang menghabiskan makanannya, kemudian beri makan paruh kedua.

Ikan cupang seharusnya dapat memakan semua makanan dalam waktu sekitar lima menit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com