Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudah, Mengatasi Pintu Geser Macet Bisa Pakai Sabun Batang

Kompas.com - 05/05/2023, 14:20 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pemilik rumah menggunakan pintu geser sebagai pengganti pintu tradisional. Selain tidak memakan banyak tempat, pintu geser juga menambah estetika ruangan.

Namun demikian, salah satu masalah yang sering terjadi adalah pintu geser macet atau sulit digeser. Jika ini masalah yang kerap Anda alami, maka rel pintu geser atau jalur pintu geser harus dibersihkan dan dilumasi dengan baik.

Biasanya solusi mengatasi pintu geser macet adalah menggunakan produk pelumas berbahan dasar minyak. Akan tetapi, Anda bisa menggunakan solusi yang lebih sederhana untuk itu, yakni memggunakan sabun batang.

Baca juga: Hemat Ruangan dengan Menggunakan Pintu Geser

Ilustrasi pintu geserSHUTTERSTOCK/OLESIA BILKEI Ilustrasi pintu geser

Dikutip dari House Digest, Jumat (5/5/2023), ini adalah salah satu dari banyak alasan mengapa sabun batangan sangat bagus di rumah.

Faktanya, lemak dan pelarut sebenarnya dianggap sebagai pengumpul kotoran, yang jelas ingin Anda hindari.

Penting untuk disebutkan bahwa Anda tidak boleh menggunakan jenis pelumas sembarangan pada jalur pintu geser, karena tidak semuanya diciptakan sama.

Jenis yang salah dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan daripada kebaikan, itulah sebabnya sabun batangan merupakan pilihan yang aman.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Perlu Menggunakan Pintu Geser di Rumah

Meskipun ini bukan alternatif jangka panjang yang cocok untuk menjaga agar pintu geser meluncur mulus, sabun batangan adalah pilihan yang cepat, murah, dan tidak berbahaya jika Anda tidak memiliki pelumas berbasis silikon atau minyak litium putih.

Sabun batangan juga lebih aman untuk Anda dan lingkungan jika dibandingkan dengan pelarut kimia dan pelumas seperti WD-40.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com