Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mudah, Mengatasi Pintu Geser Macet Bisa Pakai Sabun Batang

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pemilik rumah menggunakan pintu geser sebagai pengganti pintu tradisional. Selain tidak memakan banyak tempat, pintu geser juga menambah estetika ruangan.

Namun demikian, salah satu masalah yang sering terjadi adalah pintu geser macet atau sulit digeser. Jika ini masalah yang kerap Anda alami, maka rel pintu geser atau jalur pintu geser harus dibersihkan dan dilumasi dengan baik.

Biasanya solusi mengatasi pintu geser macet adalah menggunakan produk pelumas berbahan dasar minyak. Akan tetapi, Anda bisa menggunakan solusi yang lebih sederhana untuk itu, yakni memggunakan sabun batang.

Dikutip dari House Digest, Jumat (5/5/2023), ini adalah salah satu dari banyak alasan mengapa sabun batangan sangat bagus di rumah.

Faktanya, lemak dan pelarut sebenarnya dianggap sebagai pengumpul kotoran, yang jelas ingin Anda hindari.

Penting untuk disebutkan bahwa Anda tidak boleh menggunakan jenis pelumas sembarangan pada jalur pintu geser, karena tidak semuanya diciptakan sama.

Jenis yang salah dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan daripada kebaikan, itulah sebabnya sabun batangan merupakan pilihan yang aman.

Meskipun ini bukan alternatif jangka panjang yang cocok untuk menjaga agar pintu geser meluncur mulus, sabun batangan adalah pilihan yang cepat, murah, dan tidak berbahaya jika Anda tidak memiliki pelumas berbasis silikon atau minyak litium putih.

Sabun batangan juga lebih aman untuk Anda dan lingkungan jika dibandingkan dengan pelarut kimia dan pelumas seperti WD-40.

Bersihkan pintu geser terlebih dahulu

Membersihkan pintu geser bisa sedikit merepotkan, tergantung seberapa kotornya, itulah sebabnya pemeliharaan preventif sangat penting.

Faktanya, Anda disarankan untuk melakukan pembersihan kotoran dengan cepat dan membersihkan jejak pintu Anda setiap minggu.

Setelah rel pintu geser bersih, Anda akan menemukan bahwa pintu meluncur dengan bebas. Namun demikian, beberapa trek masih dapat mempertahankan tingkat kelengketan tertentu.

Di sinilah sabun batangan berguna. Sabun bertindak sebagai alternatif bebas bahan kimia untuk pelarut dan gemuk, dan tidak meninggalkan kekacauan.

Sabun batangan cenderung terasa halus seperti lilin, karena bahan utamanya adalah minyak. Minyak ini juga berfungsi sebagai pelumas.

Jika pintu geser masih bermasalah setelah pembersihan mendalam dan penggosokan sabun, maka Anda mungkin ingin memeriksa perangkat kerasnya. Selain penumpukan kotoran, pintu geser yang macet juga bisa disebabkan oleh pemasangan yang tidak tepat, kelembapan, roda yang rusak, atau rumah yang bergeser.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/05/05/142006876/mudah-mengatasi-pintu-geser-macet-bisa-pakai-sabun-batang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke