Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/05/2023, 17:33 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Luce Home

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain sebagai tempat memasak dan menyiapkan makanan, dapur juga menjadi tempat menyimpan berbagai macam peralatan memasak.

Barang-barang dan peralatan yang tidak terorganisasi baik dapat mempersulit Anda saat meembutuhkan sehingga menganggu kegiatan di dapur. 

Karena itu, penting menjaga dapur tetap terorganisir. Dilansir dari Luce Home, Kamis (4/5/2023), berikut beberapa cara menata dapur.

Baca juga: 13 Ide Menata Dapur Kecil agar Bebas Berantakan dan Sedap Dipandang

Bersihkan area wastafel

Ilustrasi dapur.Shutterstock/Sheila Say Ilustrasi dapur.
Usahakan tidak ada sesuatu yang tertinggal di area wastafel di penghujung hari. Selalu cuci peralatan masak, piring, dan peralatan makan setelah makan.

Bersihkan dinding wastafel dengan sabun cuci untuk menjaganya tetap bersih. Posisikan spons dan peralatan pembersih dengan tepat sehingga air yang berlebih dapat menetes serta mengering.

Baca juga: Gampang, Ini Cara Membersihkan Wastafel Stainless Steel

Bersihkan meja dapur

Bersihkan meja dapur dari peralatan, piring, dan sisa-sisa makanan. Meja dapur merupakan tempat umenyiapkan makanan. Usahakan ruang fungsional ini selalu bersih. Berikut cara menatanya:

1. Letakkan semua piring di wastafel, simpan peralatan yang sudah tidak digunakan. Singkirkan wadah penyipanan yang sudah tidak terpakai dan bersihkan tumpahan makanan.

2. Bersihkan meja dapur dengan perlengkapan pembersih. Sabun cuci piring yang diencerkan dapat digunakan untuk menghilangkan kotoran dari meja dapur.

Anda juga dapat menggunakan cuka dan air untuk membersihkan noda di sebagian besar bahan meja dapur. Namun, hindari penggunaannya pada permukaan berbahan batu alam. 

Baca juga: 8 Cara Menghemat Ruang di Meja Dapur, Bebas Berantakan

Atur peralatan memasak

Ilustrasi dapur kecil.SHUTTERSTOCK/ANATOLI IGOLKIN Ilustrasi dapur kecil.
Peralatan memasak dapat disimpan dengan cara digantung menggunakan kait pada dinding, disimpan di laci, atau ditempatkan dalam posisi tegak dalam wadah.

  • Menggunakan rak gantung

Area yang ideal menggunakan rak gantung adalah di dekat wastafel dan meja dapur. Jaga kebersihan area ini dengan mengelapnya setiap minggu.

  • Laci

Anda dapat menggunakan organizer untuk mencegah barang-barang di dalamnya berantakan. Atur peralatan sesuai dengan ukuran serta frekuensi penggunaannya.

  • Tempat perkakas

Anda juga dapat menggunakan wadah perkakas untuk menyimpan barang-barang. Untuk pisau, letakkannya pada blok kayu. 

Baca juga: Plus Minus Blok Pisau Dapur Kayu, Magnetik, dan Pelindung Plastik

Loyang, panci, dan wajan

Simpan loyang, panci, wajan dan peralatan masak lainnya di tempat rendah. Berikut cara mengatur peralatan masak.

1. Keluarkan semua peralatan masak, lalu Identifikasi peralatan mana yang paling sering digunakan.

2. Atur peralatan masak berdasarkan frekuensi penggunaan dan ukurannya. Tempatkan barang yang jarang digunakan di bagian belakang kabinet.

Atur peralatan makan

Ilustrasi dapur.Unsplash/Sidekix Media Ilustrasi dapur.
Rapikan peralatan makan sehingga tidak bercampur aduk. Berikut cara mengaturnya: 

  • Gunakan rak penyimpanan peralatan makan. Alat ini akan menjaga peralatan tetap teratur. Susun peralatan makan berdasarkan jenisnya.
  • Peralatan makan, seperti piring, mangkuk, dan lainnya dapat disimpan di kabinet berdasarkan jenisnya atau berdasarkan set.
  • Sebelum menyimpan barang-barang, bersihkan laci dan lemari terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan cuka, sabun cuci piring, atau larutan pembersih serbaguna.

Baca juga: 5 Cara Menata Laci Dapur agar Rapi dan Teratur

Mengatur bahan makanan

Atur makanan dengan baik sehingga dapat mengurangi makanan yang terbuang dan memperbarui daftar belanjaan dengan akurat.

  • Periksa semua tanggal kedaluwarsa makanan, buang makanan yang sudah kedaluwarsa. Hanya simpan makanan yang tidak memerlukan kulkas di lemar, seperti sereal, makanan ringan dalam kemasan, dan makanan kaleng.
  • Susun makanan berdasarkan tanggal kedaluwarsa. Letakkan makanan yang paling mendekati tanggal kedaluwarsa di bagian depan.
  • Jika memindahkan makanan dari kemasan aslinya ke wadah kedap udara, catat tanggal kedaluwarsa serta tanggal membukanya, tempelkan catatan tersebut pada wadah.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com