Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Daun Tanaman Hias Calathea Berubah Warna Jadi Kuning dan Coklat?

Kompas.com - 04/05/2023, 13:35 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Calathea adalah salah satu tanaman hias populer yang digemari karena daunnya yang unik. Akan tetapi, daun calathea juga bisa menjadi indikator permasalahan terkait tanaman hias ini.

Salah satu kondisi yang terjadi adalah daun tanaman hias calathea berubah warna menjadi kuning dan coklat. Nah, mengapa kondisi ini bisa terjadi dan bagaimana cara mengatasinya?

Dikutip dari Balcony Garden Web, Kamis (4/5/2023), berikut beberapa penyebab daun calathea berubah warna jadi kuning dan coklat, serta cara mengatasinya.

Baca juga: 7 Aturan Menyiram Tanaman Hias di Pot yang Benar

Ilustrasi tanaman hias Calathea orbifolia. SHUTTERSTOCK/FIRN Ilustrasi tanaman hias Calathea orbifolia.

1. Kurangnya kelembapan

Alasan nomor satu di balik daun tanaman hias calathea berubah warna menjadi kuning dan coklat adalah kurangnya kelembapan.

Calathea menyukai udara lembap, dan jika tidak menerimanya, maka akan ada bintik-bintik coklat pada daunnya atau daun berubah warna menjadi coklat dan kuning.

Keriting daun calathea juga merupakan salah satu gejalanya.

Untuk mengatasi masalah ini, letakkan humidifier di dekat tanaman untuk menjaga kelembapan udara. Anda juga bisa sering menyemprot tanaman dengan air, tetapi cara ini tidak terlalu efektif.

Baca juga: 6 Tanaman Hias yang Cocok untuk Mendekorasi Ruang Makan

Selain itu, letakkan calathea di tempat seperti dapur atau kamar mandi karena tidak terlalu kering. Pun letakkan pot tanaman di atas nampan berisi kerikil dan air.

2. Pencahayaan yang salah

Untuk pertumbuhan terbaik, calathea membutuhkan sinar matahari yang terang tetapi tidak langsung untuk tumbuh dengan baik. Hal pertama yang mungkin perlu Anda periksa adalah apakah tanaman menerima jumlah pencahayaan yang salah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com