Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/05/2023, 14:27 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Taman kecil atau halaman rumah sempit tidak berarti dapat dibuat indah dan menjadi daya tarik rumah. Namun, ada beberapa cara dan tips sederhana untuk membuat halaman rumah sempit tampak luas.

Dikutip dari Woman and Home, Selasa (2/5/2023), beberapa cara membuat halaman rumah sempit tampak luas adalah dengan menggunakan permukaan reflektif seperti cermin, hingga menyembunyikan garis batas. Ini membuat desain taman kecil apa pun terlihat lebih besar dan lebih padat.

Merancang taman kecil dapat menghadirkan banyak tantangan, kata James Scott FSGD, direktur pelaksana The Garden Company.

Baca juga: Perhatikan 6 Hal Ini Saat Menanam Sayuran Organik di Halaman Rumah

 

Ilustrasi halaman rumah dengan pergola. SHUTTERSTOCK/HENDRICKSON PHOTOGRAPHY Ilustrasi halaman rumah dengan pergola.

Bentuknya sering canggung, teduh atau terabaikan, dan sulit diakses. Namun, solusi desain untuk masalah ini bisa sangat berdampak, jelas Scott.

Berikut beberapa cara membuat halaman rumah sempit tampak luas menurut para ahli hortikultura profesional dan anggota Society of Garden Designers.

1. Mengaburkan batas

Menyaring batas-batas taman kecil bisa langsung membuatnya terasa lebih besar karena terasa kurang membatasi ruang yang tersedia.

Halaman rumah akan selalu terasa lebih besar jika Anda dapat mengaburkan batas sehingga Anda tidak yakin di mana taman itu berakhir, ujar Eliza Gray, desainer lanskap dan pendiri Eliza Grey Gardens.

Baca juga: Cara Menanam Kelor di Halaman Rumah, Kaya Manfaat untuk Kesehatan

Semak-semak multi-batang dan tanaman merambat dapat memberi kesan ruang yang lebih besar. Gray sering meletakkan semak hijau di sudut untuk membantu menyamarkan pagar atau dinding dan menarik mata ke dalam.

Dengan menggunakan tanaman hijau seperti pagar tanaman atau tanaman merambat, hilangkan pagar dan dinding sehingga mata tidak tertuju pada batas, tetapi membayangkan plot berlanjut, tepat di belakang penanaman, saran Sam Proctor MSGD, desainer taman di Chiltern Garden Design.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com