Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Zodia, Tanaman Pengusir Nyamuk yang Cocok Ditanam di Halaman

Kompas.com - 03/01/2023, 12:15 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak tanaman pengusir nyamuk yang dapat ditanam di pekarangan rumah Anda. Salah satunya adalah tanaman zodia (Evadia suaveolens).

Zodia adalah tanaman asli Papua. Tanaman ini dipercaya dapat mengusir nyamuk, terutama nyamuk Aedes Aegypti, pembawa penyakit demam berdarah dengue.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Selasa (3/1/2023), biasanya tanaman zodia ditanam di pekarangan rumah dan dapat dibudidayakan di pot. Daun zodia memiliki warna hijau kekuningan, pipih panjang namun lentur.

Baca juga: Cara Mengusir Nyamuk di Pot Tanaman Teras Rumah

Ilustrasi tanaman Zodia (Evadia suaveolens), yang merupakan salah satu tanaman pengusir nyamuk.SHUTTERSTOCK/DEVI MAGRIBI Ilustrasi tanaman Zodia (Evadia suaveolens), yang merupakan salah satu tanaman pengusir nyamuk.

Tinggi tanaman zodia bisa mencapai dua meter. Tanaman ini membutuhkan sinar matahari, tetapi jika terkena sinar matahari langsung akan mati.

Tanaman zodia pun bisa tumbuh di semak belukar, sehingga tanaman ini mudah ditanam oleh siapapun. Tanaman zodia juga telah lama dimanfaatkan masyarakat Papua untuk mengusir nyamuk dan serangga serta dapat meminimalisir penyebaran penyakit demam berdarah.

Tanaman ini berbau khas dan agak menyengat yang tidak disukai nyamuk. Pasalnya, tanaman zodia mengandung zat evodia mine dan rutaecarpine yang efektif mengusir nyamuk.

Daun zodia pun disebut dapat mengusir nyamuk selama enam jam. Daun zodia berkhasiat untuk menghilangkan bentol dan gatal akibat gigitan nyamuk dan serangga.

Baca juga: Cara Menghilangkan Nyamuk dari Rumah Menurut Para Ahli

Tanaman ini menjadi alternatif untuk menghalau serangga serta dapat memperindah pekarangan rumah sekaligus mengusir nyamuk.

Beberapa tanaman sudah sejak lama dikenal sebagai pengusir nyamuk, seperti lavender, geranium, dan serai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com