Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Letakkan Minyak Goreng di Dekat Kompor, Kenapa?

Kompas.com - 03/01/2023, 10:59 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak di antara kita memiliki kebiasaan meletakkan botol minyak goreng di dekat kompor. Kebiasaan ini tentu karena kenyamanan dan akses cepat minyak goreng saat dibutuhkan.

Akan tetapi, apakah meletakkan minyak goreng di dekat kompor membuatnya lebih cepat rusak?

Dilansir Mind Body Green, Selasa (3/1/2023), penulis Cate Shanahan mengatakan, panas berpotensi mengoksidasi minyak, dan oksidasi sangat berbahaya tetapi kecuali jika Anda menyimpan minyak tepat di atas kompor. 

Baca juga: 4 Penempatan Kompor yang Salah Menurut Feng Shui

Ilustrasi minyak gorengDok. Pexels/ RODNAE Productions Ilustrasi minyak goreng

Sementara itu, Jim Savage dari Organic Roots, produsen minyak zaitun organik mengatakan, penyimpanan yang tepat pada akhirnya adalah cara terbaik untuk menjaga manfaat kesehatan dari minyak goreng yang baik seperti minyak zaitun.

Dia mengatakan bahwa menemukan area gelap yang sejuk adalah yang terbaik karena oksigen, cahaya, dan panas menurunkan minyak paling cepat.

Jika Anda pernah khawatir menyimpan minyak di dekat kompor akan membuatnya lebih cepat rusak, simpan di tempat yang lebih sejuk.

Dengan demikian, jika Anda ingin memaksimalkan masa pakai minyak goreng dan meminimalkan oksidasi, sebaiknya disimpan di lemari dapur. 

Baca juga: Plus Minus Kompor Gas, Induksi, dan Listrik, Mana Terbaik untuk Dapur?

Mencegah kerusakan jangka panjang

Dikutip dari Real Simple, Chef Life Oils, Brian Malarkey, mengatakan, "Dalam hal menyimpan minyak, tidak ada satu ukuran yang cocok untuk semua.

Satu hal yang tidak boleh Anda lakukan adalah menyimpan minyak goreng di atas kompor di tempat yang terkena panas di dalam wadahnya secara teratur.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com