Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menurunkan Tagihan Listrik di Rumah, Bikin Hemat Pengeluaran

Kompas.com - 24/04/2023, 19:36 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber decor tips

JAKARTA, KOMPAS.com - Listrik telah menjadi kebutuhan krusial di kehidupan sekarang, terutama di rumah-rumah. Hampir semua peralatan rumah tangga membutuhkan tenaga listrik untuk beroperasi, seperti kulkas, AC, dan mesin cuci.

Tanpa listrik, semua kegiatan di rumah akan berjalan sulit dan memberi ketidaknyamanan. Misalnya, mencuci pakaian tanpa mesin cuci bisa membuat tugas ini lebih berat dan memakan waktu.  

Baca juga: 9 Peralatan yang Tidak Boleh Dicolok ke Terminal Listrik, Bisa Bahaya

Namun, penting memiliki peralatan elektronik yang mempunyai sistem penghematan energi agar tidak membuang-buang listrik.

Penggunaan peralatan elektronik terus-menerus dan tidak hemat energi bisa menyedot banyak energi, yang akhirnya meningkatkan tagihan listrik

Selain hal tersebut, ada beberapa hal yang membuat tagihan listrik di rumah melonjak. Contohnya, ada peralatan yang dibiarkan terus menyala atau tercolok meskti telah penuh atau tidak perlu.  

Banyak orang menganggap bahwa ini tidak akan menyedot listrik, padahal perangkat tersebut menggunakan beberapa watt daya. 

Baca juga: Cara Membersihkan Kompor Listrik dengan Mudah dan Cepat

Cara memasukkan token listrik ke meteran dan cara membeli token listrik lewat PLN MobileShutterstock/Sunshine Studio Cara memasukkan token listrik ke meteran dan cara membeli token listrik lewat PLN Mobile
Tentu saja, ini bukan penggunaan yang besar, tetapi jika menjumlahkan semua energi yang digunakan dalam satu bulan, Anda akan melihat betapa signifikannya penggunaan tersebut pada tagihan listrik.  

Dilansir dari Decor Tips, Senin (24/4/2023), ada beberapa peralatan dan perangkat yang menyebabkan tagihan listrik meningkat seperti berikut: 

1. Penghubung listrik biasanya dibiarkan menyala saat Anda seharusnya mematikan dan mencabutnya.

Jika tidak menggunakannya, sebaiknya mencabut peralatan dari stopkontak. Mencabut peralatan dari stopkontak juga dapat menghindari korsleting atau panas berlebih. 

Baca juga: Waspada, Ini 11 Tanda Tikus Menggigit Kabel Listrik

2. Perangkat elektronik, seperti komputer, tablet, mesin cukur, dan lampu, menggunakan energi meski saat dimatikan.

Jika menghitung berapa banyak perangkat yang dimiliki, kemungkinan besar jumlahnya sangat banyak. Jadi, sebaiknya mematikan dan mencabut semua peralatan demi keamanan serta keselamatan. 

3. Anda mungkin selalu mencolokkan pengisi daya ponsel. Sebaiknya, mencabut peralatan bila sudah selesai mengisi. Ini adalah gerakan kecil tetapi dengan hasil yang besar.

4. Sedangkan untuk peralatan, seperti oven, mesin cuci, mesin pencuci piring, kulkas, serta microwave, Anda tidak bisa mencabut dan menyambungkannya setiap saat.  

Baca juga: 7 Cara Menghemat Listrik di Rumah Kecil, Bikin Irit Pengeluaran

Cara menurunkan tagihan listrik 

Ilustrasi listrik.Shutterstock/M2020 Ilustrasi listrik.
Menggunakan energi secara bertanggung jawab tergantung pada kita. Anda harus mematikan lampu saat tidak digunakan dan mematikan semuanya saat meninggalkan rumah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com