Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada, Ini 7 Tanda Listrik di Rumah Bermasalah

Kompas.com - 07/03/2023, 08:03 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Angi

JAKARTA, KOMPAS.com - Listrik telah menjadi kebutuhan penting dalam kehidupan, termasuk di rumah.

Listrik tidak hanya memberikan daya pada semua peralatan elektronik, tapi juga memudahkan kegiatan di rumah berjalan efektif serta efisien. 

Baca juga: Dijamin Berhasil, Ini 4 Cara Menghemat Listrik di Rumah

Sayangnya, ada banyak masalah listrik di rumah yang tidak disadari. Padahal, masalah ini menunjukkan tanda-tanda peringatan yang harus segera ditangani. 

Pasalnya, jika tidak, hal ini bisa membawa bahaya bagi Anda, anggota keluarga yang tinggal, dan rumah itu sendiri. Bahaya-bahaya listrik ini meliputi korselting listrik, tersetrum, hingga kebakaran rumah. 

Karena itu, jangan pernah mengabaikan masalah listrik. Mempelajari tanda-tanda peringatan dapat membantu mencegah masalah kelistrikan sebelum menjadi serius.

Ada beberapa masalah listrik yang bisa diatasi sendiri, tetapi Anda harus berhati-hati saat bekerja dengan listrik. Namun, ada beberapa masalah listrik di rumah yang memerlukan diagnosis dan perbaikan dari ahli listrik profesional.

Dilansir dari Angi, Selasa (7/3/2023), berikut beberapa tanda masalah listrik di rumah yang harus diperhatikan. 

Baca juga: Ternyata, Ini 4 Penyebab Tagihan Listrik Naik dengan Cepat

Masalah pemutus sirkuit

Ilustrasi listrik.Shutterstock/asife Ilustrasi listrik.
Pemutus sirkuit atau sekring akan putus atau bermasalah ketika ada sirkuit yang kelebihan beban. Dengan mematikan suplai listrik, pemutus mencegah kabel menjadi terlalu panas dan berpotensi menimbulkan kebakaran.

Namun, pemutus sirkuit juga dapat tersandung ketika sudah tua. Meski sesekali terputus dapat mengindikasikan kelebihan beban, Anda harus berkonsultasi dengan teknisi listrik di dekat Anda jika pemutus sirkuit sering terputus.

Bekerja di dalam panel listrik bisa berbahaya, jadi Anda harus menyerahkan jenis perbaikan ini kepada profesional yang berpengalaman.

Anda tidak boleh mengganti pemutus sirkuit atau sekring dengan yang memiliki nilai lebih tinggi karena dapat menyebabkan panas berlebih dan kebakaran. 

Baca juga: 7 Perbedaan Water Heater Listrik dan Gas, Mana Lebih Baik?

Sengatan listrik

Jika merasakan sengatan listrik setelah melintasi permukaan berkarpet, itu mungkin disebabkan listrik statis. Hal ini biasa terjadi pada musim dingin dan tidak perlu dikhawatirkan.

Di sisi lain, jika merasakan sengatan ringan atau kesemutan saat menyentuh alat, itu bisa menjadi tanda peringatan bahwa listrik bermasalah.

Guncangan ini sering terjadi karena adanya gangguan arde pada alat atau kabel listrik yang tidak tepat.

Jika stopkontak sering mengeluarkan sengatan listrik, ini bisa menjadi indikator ada sesuatu yang salah. Anda harus memeriksakan ke teknisi listrik untuk memastikan semuanya baik-baik saja.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com