Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/04/2023, 08:51 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki laba-laba di dalam rumah bukan hal yang perlu dikhawatirkan dibanding menemukan hama lainnya.

Sebab, sangat jarang menemukan spesies laba-laba berbisa di rumah yang dapat menimbulkan bahaya dan merusak hunian. 

Baca juga: 4 Manfaat Merawat Tanaman Laba-laba di Rumah

Berbeda dengan hama lain yang jelas-jelas berbahaya bagi manusia dan harus dibasmi sesegera, laba-laba pada dasarnya menguntungkan.

Laba-laba memburu berbagai serangga hama sehingga kepentingannya sejalan dengan kepentingan kita dalam banyak kasus.

Meski demikian, keberadaan laba-laba tetap saja mengganggu dan mengotori rumah lantaran membuat jaring.

Selain itu, kehadiran laba-laba masih bisa menjadi gangguan dalam beberapa situasi. Misalnya, sarang laba-laba yang berantakan di sekitar rumah sangat tidak sedap dipandang.

Karena itu, bagaimanapun perlu mengambil tindakan pencegahan dan menjauhkan makhluk berkaki delapan itu dari rumah Anda.  

Nah, dikutip dari Rhythm of the Home, Kamis (13/4/2023), berikut sejumlah cara membasmi dan mencegah laba-laba di rumah.  

Baca juga: Cara Mengusir Laba-laba Menggunakan Minyak Esensial Lavender

Keluarkan kepala kemoceng dan vakum 

Ilustrasi laba-laba.Shutterstock/Veronique Duplain Ilustrasi laba-laba.
Sebagian besar masalah laba-laba ringan dapat diatasi dengan membersihkan jaring laba-laba secara teratur. Hal ini dapat ditangani dengan mudah menggunakan kemoceng, yang mungkin memerlukan sambungan ke tiang ekstensi untuk menjangkau tempat yang biasa digunakan laba-laba. 

Penting juga mengeluarkan penyedot debu atau vacuum cleaner dan membersihkan lantai secara menyeluruh guna menyedot kantung telur yang mungkin ada di sekitarnya.

Pastikan bekerja ekstra umenjangkau semua sudut dan celah di mana laba-laba bisa hidup. Hal ini juga memberikan Anda kesempatan menyingkirkan semua bahan sarang laba-laba dan kotoran laba-laba.

Dengan menjaga jadwal pembersihan rutin seperti ini, kemungkinan besar masalah laba-laba  akan teratasi dengan sendirinya.  

Baca juga: Cara Mengusir Laba-Laba di Kamar Mandi dengan Lemon 

Gunakan penangkap serangga

Jika lebih nyaman dengan jarak yang jauh atau ingin mengusir laba-laba dari rumah tanpa melukainya, disarankan mencoba alat penangkap serangga.

Alat ini merupakan gadget praktis yang dapat menangkap laba-laba dan serangga lainnya tanpa menyakiti. Anda kemudian dapat melepaskannya dengan aman di luar rumah.

Penangkap serangga merupakan langkah pengendalian yang solid untuk laba-laba yang masuk ke rumah secara tidak sengaja. Namun, ini bukan solusi efektif untuk serangan yang serius. 

Baca juga: Mengenal Tungau Laba-laba, Hama yang Bikin Tanaman Bambu Rejeki Mati 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com