Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Paving Block Berlumut dan Cara Menghilangkannya

Kompas.com - 09/03/2023, 10:03 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu permasalahan yang kerap muncul saat musim hujan adalah munculnya lumut di paving block di halaman rumah atau taman rumah. Lumut akan tumbuh di paving block yang basah, lembap, dan berada di area teduh.

Dikutip dari Homes & Gardens, Kamis (9/3/2023), menghilangkan lumut di paving block memerlukan pendekatan yang berbeda untuk menyingkirkan lumut di halaman rumput. Jika ada, lebih mudah untuk melihat dan mengendalikan lumut pada permukaan yang keras.

Anda perlu menghilangkan lumut dengan cepat dari paving block karena menimbukan risiko terpeleset yang semakin memburuk dari waktu ke waktu.

Baca juga: Cara Menghilangkan Jamur dan Lumut di Permukaan Dinding

Ilustrasi lumut di paving block, paving block berlumut. PIXABAY/DAVIE BICKER Ilustrasi lumut di paving block, paving block berlumut.

Ada banyak cara berbeda untuk menghilangkan lumut di paving block. Kuncinya adalah kewaspadaan dan pemeliharaan yang berkelanjutan karena ini bukan masalah yang Anda perbaiki sekali dan kemudian selesai.

Penyebab paving block berlumut

Kondisi sejuk, lembap, dan teduh mendorong pertumbuhan ganggang dan lumut, baik di halaman rumput, teras, atau jalan masuk, kata Holly Crossley, Senior Content Editor (Gardens) Homes & Gardens.

Memahami penyebab lumut dapat membantu Anda mencegahnya kembali.

Lumut tumbuh subur pada kondisi lembap, lembap, dan basah, jadi jika cuaca sangat basah, dan drainase halaman rumah buruk di beberapa tempat, Anda akan melihat adanya penumpukan di sana.

Baca juga: Cara Mencegah dan Mengatasi Lumut di Dinding Luar Ruangan

Atau, mungkin ada keran yang menetes di luar yang menyebabkan lumut menumpuk? Lumut juga tumbuh subur di tempat teduh.

Jika pohon Anda atau tetangga Anda menyebabkan keteduhan yang dalam, apa pun orientasi teras Anda, ini akan membantu menciptakan lingkungan yang sempurna. untuk lumut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com