Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Jamur dan Lumut pada Saluran Pembuangan Wastafel

Kompas.com - 08/12/2021, 18:35 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Spora jamur dan lumut hampir tumbuh di setiap area di rumah, termasuk di dalam saluran pembuangan wastafel dapur

Keberadaan jamur dan lumut pada saluran pembuangan wastafel dapur sulit dilihat secara jelas. Anda bisa melihatnya menggunakan senter meski samar-samar. 

Baca juga: 4 Warna Wastafel Kamar Mandi yang Bisa Jadi Pilihan

Namun, keberadaan jamur dan lumut dapat dideteksi melalui bau apek yang ditimbulkan. Menghilangkan jamur dan lumut pada saluran pembuangan wastafel tidaklah sulit.

Melansir dari Hunker, Rabu (8/12/2021), berikut tips menghilangkan jamur dan lumut pada saluran pembuangan wastafel.  

Baca juga: 5 Penyebab dan Cara Mengatasi Wastafel Dapur Kotor dan Bau

Menghilangkan jamur di drain (saringan) wastafel

Cara terbaik menghilangkan jamur pada drain wastafel adalah menggosoknya secara fisik dengan detergen dan air.

Langkah pertama adalah melepaskan saringan, lalu gosok saringan, dan masukkan sabun cuci piring dan air. 

Setelah itu, tuangkan sabun cuci piring ke sikat botol dan gunakan untuk menggosok bagian dalam tailpiece (bagian lurus dari pipa yang menghubungkan ke bagian bawah fitting drain wastafel).  

Baca juga: 5 Cara Mudah Membersihkan Wastafel Dapur agar Bebas dari Kuman 

Alternatif pembersih alami

Ilustrasi wastafel dapurUnsplash/Callum Hill Ilustrasi wastafel dapur
Bila sulit melepas saringan wastafel, cara terbaik adalah menggunakan bahan kimia untuk membersihkan saluran pembuangan dari jamur dan lumut.

Gunakan cuka dan baking soda untuk membuat pembersih saluran pembuangan yang ampuh mendisinfeksi dan menghilangkan bau saat bersamaan.

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Karat pada Wastafel dengan Pasta Gigi

Tuangkan setengah cangkir baking soda ke dalam saluran pembuangan dan ikuti dengan setengah cangkir cuka, lalu tutup saluran pembuangan selama10 menit untuk membatasi busa pada pipa.

Setelah itu, bilas saluran pembuangan wastafel dengan 3,5 liter air panas yang telah ditambahkan setengah cangkir garam.

Gunakan airnya mendidih jika pipa wastafel terbuat dari logam. Jika plastik, gunakan air keran panas untuk menghindari kerusakan. 

Baca juga: Cara Membersihkan dan Menghilangkan Bau Wastafel Dapur 

Menjaga saluran air bersih 

Cuka dan baking soda adalah cara terbaik merawat sekaligus menjaga saluran pembuangan wastafel tetap bersih. Namun, untuk perawatan, kurangi porsi masing-masing bahan hingga setengahnya.

Anda dapat membuat pembersih pembunuh jamur efektif lainnya dengan menggabungkan boraks, cuka, dan hidrogen peroksida, yang juga akan berbusa saat ditambahkan air. 

Baca juga: 4 Langkah Membersihkan Saluran Pembuangan Sampah Wastafel Dapur

Baking soda membunuh jamur dan menghilangkan bau dengan sendirinya. Caranya, cukup taburkan baking soda pada saluran pembuangan, lalu biarkan selama satu atau dua jam, dan siram dengan air panas.

Pembersih saluran pembuangan berbasis enzim membunuh jamur dengan aman, tetapi biasanya menghilang begitu saja sebelum sempat bekerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com