Kompas.com - 08/12/2021, 13:52 WIB
Ilustrasi tanaman durian, pohon durian. SHUTTERSTOCK/WIRACHAIPHOTOIlustrasi tanaman durian, pohon durian.

JAKARTA, KOMPAS.com - Durian adalah salah satu buah favorit dan menjadi salah satu komoditas ekspor unggulan Indonesia. Tanaman buah ini berasal dari hutan di Malaysia, Sumatra, dan Kalimantan.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Rabu (8/12/2021), persebaran durian melebar ke arah barat di Thailand, Myanmar, India, dan Pakistan. Buah ini sudah dikenal di Asia, tepatnya di Asia Tenggara sejak abad 7 Masehi.

Buah durian mengandung antioksidan yang baik bagi tubuh untuk dapat menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Durian di Dalam Kulkas

Saat ini, metode budidaya untuk menanam buah durian sudah banyak dikembangkan oleh para peneliti, dengan jenis yang beragam pula.

Ilustrasi durian, pohon durian.SHUTTERSTOCK/SAWADDEEBENZ Ilustrasi durian, pohon durian.

Berikut cara menanam durian agar buahnya lebat.

1. Pemilihan lokasi

Langkah pertama dalam menanam durian yang baik dan benar tidak lepas dari cara menentukan lokasi media tanam.

Penentuan lokasi tanam sangat penting, dan akan menentukan apakah durian yang akan ditanam menghasilkan hasil yang maksimal atau tidak.

Baca juga: Cara Menanam Alpukat Mentega agar Berbuah Lebat

Penentuan lokasi tanam menjadi sangat krusial, karena proses penanaman tanaman durian harus sesuai dengan syarat-syarat tumbuhnya. Lokasi harus memiliki intensitas pancaran sinar matahari langsung yang berkisar 40 hingga 50 persen.

Iklim di lokasi juga harus diperhatikan agar buah durian dapat tumbuh dengan baik. Anda bisa menanam durian di lokasi yang memiliki suhu 24 hingga 30 derajat celcius, dengan ketinggian 50 hingga 1.000 meter di atas permukaan laut (mdpl), namun yang paling ideal adalah 350 mdpl hingga 1.000 mdpl.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.