Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mencegah dan Mengatasi Lumut di Dinding Luar Ruangan

Kompas.com - 22/11/2022, 16:46 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Keadaan luar ruangan yang terpapar panas dan dinginnya udara, membuat bagian rumah luar ruangan ini sering kali terpapar oleh lumut.

Lumut adalah sekumpulan tanaman kecil yang disebut bryophyta yang bergantung pada kelembapan untuk bereproduksi. Mereka menyebar melalui spora dan sering ditemukan tumbuh di permukaan luar.

Lumut ini dapat membuat dinding Anda terlihat tua atau kotor, namun tidak sulit untuk mengontrol pertumbuhannya.

Baca juga: Cara Membasmi Lumut dari Paving Block dengan Bahan Alami

Ilustrasi lumut. PIXABAY/NACYMAC Ilustrasi lumut.

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Selasa (22/11/2022) dengan menghilangkan kondisi lumut tumbuh subur dan membersihkan lumut yang ada, Anda dapat mencegah pertumbuhannya di masa mendatang.

Kondisi pertumbuhan ideal lumut

Lumut tetap tidak aktif dalam cuaca kering, tetapi dapat hidup kembali selama periode hujan dan biasanya dapat ditemukan tumbuh di permukaan apa pun yang kondisinya teduh dan lembap, termasuk bebatuan, kulit pohon, tanah, dan dinding luar ruangan. 

Pertumbuhan lumut pada awalnya menyerupai rambut tipis dan kusut, tetapi saat tumbuh, tunas muncul dan batang kecil serta daun tumbuh dari tunas ini.

Sisi utara bangunan dan atap adalah lokasi yang ideal untuk pertumbuhan lumut karena menerima lebih sedikit sinar matahari daripada paparan lainnya, sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk mengeringkan kelembapan.

Baca juga: Simak, Cara Menghilangkan Lumut di Dinding Teras Rumah

Kadang-kadang pertumbuhan lumut dikacaukan dengan ganggang, yang tumbuh dalam kondisi serupa dan mungkin juga warnanya serupa. Ini bahkan mungkin tumbuh bersama lumut di permukaan luar.

Namun, pertumbuhan lumut pada dinding Anda biasanya berwarna kuning, hijau atau coklat kehijauan, sedangkan alga tumbuh di lapisan tipis dan lembap serta cenderung membuat permukaan menjadi licin.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com