Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/03/2023, 09:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Frezer menjadi tempat penyimpanan untuk mengawetkan berbagai bahan makanan, dari daging, ikan, buah, sayuran, hingga makanan yang sudah matang.

Selain itu, menggunakan dan mengatur freezer secara efisien adalah cara terbaik mengurangi limbah makanan sekaligus menghemat waktu menyiapkan makanan yang akan dihangatkan kembali untuk malam-malam ketika Anda hampir memesan pizza untuk dibawa pulang. 

Baca juga: Simak, Cara Membersihkan Freezer dengan Cepat

Namun, sama dengan mengatur kulkas, ada beberapa barang yang tidak boleh disimpan di dalam freezer, betapa pun menggiurkannya. Alasannya, makanan akan kehilangan tekstur dan rasa, bahkan memperburuk kualitasnya.

Melanie Underwood, chef dari Loudoun County, Virginia, Amerika Serikat (AS), menunjukkan bahwa makanan yang digoreng dapat menjadi lembek di dalam freezer.

Namun, jika memanaskannya kembali dalam wajan besi atau salah satu penggorengan udara terbaik, makanan ini akan tetap renyah seperti saat baru digoreng.

Dilansir dari Homes and Gardens, Sabtu (4/3/2023), berikut daftar makanan yang tidak boleh disimpan di freezer

Baca juga: Berapa Lama Sosis Bisa Disimpan di Freezer? 

Sayuran 

Ilustrasi sayuran mentah.freepik/gpointstudio Ilustrasi sayuran mentah.
Melanie Underwood, yang juga pemilik Gather Culinary di Westchester County NY, mengatakan sebenarnya hanya ada sedikit makanan yang tidak dapat dibekukan di freezer.  

Sebagai contoh, banyak makanan yang menjadi encer atau terpisah saat dicairkan.

Dia mengatakan sayuran hijau dan sayuran, seperti romaine, bayam, kangkung, seledri, dan mentimun, yang memiliki kandungan air yang tinggi tidak dapat dibekukan dengan baik jika Anda ingin menggunakannya dalam salad. 

Namun, bisa dibekukan dalam freezer sangat baik jika dibuat menjadi smoothie dengan blender terbaik Anda.

"Bawang dan kubis menjadi sangat berair saat dibekukan dan tidak enak dimakan mentah, akan menjadi luar biasa jika Anda mengaramelkannya. Bahkan, lebih mudah dimasak karena ada tambahan air dari pembekuan," tambahnya.  

Baca juga: Perhatikan, Aturan Membersihkan Kulkas dan Freezer

Susu dan krim 

Selanjutnya, makanan yang tidak boleh disimpan di freezer adalah susu dan krim. Merissa Alink, blogger Little House Living dan pemilik perusahaan makanan curah, mengatakan produk susu dan krim asam yang disimpan di dalam freezer akan kehilangan tekstur semulanya saat dicairkan dan kurang menarik.

"Makanan juga bisa kehilangan beberapa kemampuan memasaknya, seperti krim kental. Anda masih dapat menggunakan krim kental beku dalam sup dan kue, tetapi tidak dapat mengocoknya menjadi krim kocok setelah dibekukan." 

Berbicara berdasarkan pengalaman, dia mengatakan sebagian besar produk yang bertuliskan 'jangan dibekukan' tidak mengatakannya karena masalah keamanan, tetapi kualitas. 

Baca juga: Berapa Lama Daging dan Ikan Bisa Disimpan di Freezer?

Makanan yang sudah dicairkan 

Ilustrasi freezer, menyimpan makanan di freezer. SHUTTERSTOCK/HAPPY CREATOR Ilustrasi freezer, menyimpan makanan di freezer.
Marjory Pilley, mantan pemilik dua toko yang menyediakan makanan siap saji sekaligus pendiri The Dinner-Mom, sebuah situs web sumber daya resep dan perencanaan makan, menyarankan jangan membekukan makanan yang sudah dicairkan, kecuali memasaknya terlebih dahulu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com