Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 03/01/2023, 08:07 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai alat yang diandalkan untuk mengawetkan serta mendinginkan bahan makanan, terkadang kulkas sering mengalami banyak permasalahan.

Salah satunya, freezer tidak bekerja secara maksimal. Permasalahan ini ditandai dengan tidak membekunya es batu atau bahan lainnya yang diletakkan di freezer

Baca juga: Antiribet, Ini Cara Membersihkan Bunga Es di Freezer

Dikutip dari Hunker, untuk menguji freezer berfungsi dengan baik atau tidak, Anda bisa meletakkan es krim di dalamnya.

Ilustrasi freezer, menyimpan daging di freezer. SHUTTERSTOCK/INGRID BALABANOVA Ilustrasi freezer, menyimpan daging di freezer.

Es krim tidak sepadat makanan beku lainnya sehingga mudah dicairkan dan merupakan sistem peringatan dini jika keadaan freezer bermasalah. 

Jika es krim dalam freezer tidak membeku, artinya ada beberapa permasalahan yang dialami freezer. Berikut ini lima penyebab freezer tidak dingin. 

1. Penempatan yang salah 

Kulkas tidak bisa bekerja secara maksimal jika penempatannya salah. Sebab, kulkas tidak boleh diletakkan di ruangan dengan suhu di atas 43 derajat Celsius dan di bawah 12 derajat Celsius. 

Baca juga: Penyebab Banyak Bunga Es di Dalam Freezer dan Cara Mengatasinya

Batas suhu yang aman untuk meletakkan kulkas adalah 15 derajat Celsius. Kemungkinan suhu ini dipengaruhi ventilasi yang berada di dalam dapur.

Sebelum meletakkan kulkas, periksa buku manual untuk jarak yang direkomendasikan untuk sirkulasi udara dan pastikan posisi kulkas memenuhi persyaratan ini. 

2. Suhu freezer tidak tepat

Jika freezer tidak dingin, sesuaikan dengan kontrol suhu ke pengaturan yang lebih rendah. Mungkin diperlukan waktu hingga 24 jam agar freezer dapat mencapai suhu baru.

Halaman:
Sumber Hunker


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com