Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/02/2023, 12:53 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Vacuum cleaner atau penyedot debu adalah salah satu peralatan elektronik yang paling penting dalam rumah tangga. 

Vacuum cleaner membantu menjaga rumah tetap bersih, bebas debu dan kotoran, serta rapi.  Namun, sama dengan semua peralatan elektronik, vacuum cleaner akan mengalami sejumlah masalah atau kerusakan, yang akhirnya perlu menggantinya. 

Baca juga: Apa Itu Vacuum Cleaner HEPA dan Kelebihannya?

 

Karena itu, mengetahui kapan saatnya mengganti vacuum cleaner adalah hal penting jika  ingin memastikan rumah tetap bersih dan bebas debu.

Sebagian besar merek vacuum cleaner terbaik memiliki masa pakai sekitar empat hingga enam tahun. Meski tidak semua mesin perlu diganti setelah empat tahun, ini bisa menjadi indikasi baik untuk memikirkan berinvestasi pada vacuum cleaner yang baru. 

Nah, dilansir dari The Spruce, Jumat (10/2/2023), berikut lima tanda perlu mengganti vacuum cleaner.  

Baca juga: Panduan Merawat Vacuum Cleaner Robot agar Tidak Cepat Rusak

Kehilangan daya hisap

Vacuum cleaner dari Dyson V15 Detect sedang bekerja menyedot debu pada lantai kayu.KOMPAS.com/Esra Dopita Maret Vacuum cleaner dari Dyson V15 Detect sedang bekerja menyedot debu pada lantai kayu.
Vacuum cleaner harus memiliki daya hisap yang sangat baik serta mampu membersihkan debu dan kotoran sehari-hari di rumah dengan mudah.

Jika menyadari vacuum cleaner mulai kehilangan daya hisapnya, ini bisa menjadi pertanda harus menggantinya.

"Jika mendapati diri Anda mendorong vakum bolak-balik di area tertentu beberapa kali untuk membersihkan kotoran, ini berarti model saat ini tidak cukup kuat dan sudah waktunya  melakukan pembaruan," kata Beatrice Flores, pakar kebersihan di Living Pristine.

Namun, sebelum benar-benar menyerah pada mesin, sebaiknya memastikan tidak ada penyumbatan pada selang-selang dan filternya bersih.

Jika Anda dapat mengesampingkan masalah-masalah potensial tersebut dan penyedot debu masih mengalami masalah dengan penyedotan, ini saatnya mengganti vacuum cleaner baru. 

Baca juga: Seberapa Sering Harus Membersihkan Vacuum Cleaner?

Berbau aneh

Ilustrasi membersihkan rumah sambil mendengarkan musik, Ilustrasi vacuum cleaner, ilustrasi membersihkan karpet. Shutterstock/didesign021 Ilustrasi membersihkan rumah sambil mendengarkan musik, Ilustrasi vacuum cleaner, ilustrasi membersihkan karpet.

Selanjutnya, tanda perlu mengganti vacuum cleaner adalah mengeluarkan bau aneh seperti terbakar. Matikan dan cabut vacuum cleaner dari aliran listrik. 

Bau terbakar dapat menjadi pertanda beberapa hal yang berbeda, dari masalah kecil hingga masalah serius. Terkadang, filter yang kotor atau tersumbat dapat menyebabkan bau terbakar ringan.

Membersihkan atau mengganti filter adalah cara cepat dan mudah memperbaiki masalah ini. Bau terbakar juga dapat menjadi tanda bahwa sabuk vacuum cleaner macet atau rusak dan menjadi terlalu panas oleh motor.

Periksa untuk melihat apakah ada sesuatu yang menghentikan sabuk sehingga tidak bergerak, seperti tali atau serat karpet.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com