Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dulux Perkenalkan Wild Wonder Sebagai Tren Warna 2023

Kompas.com - 24/01/2023, 22:39 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia), yang merupakan produsen cat Dulux, memperkenalkan “Wild Wonder” sebagai tren warna 2023

Pemilihan tren warna 2023 ini sudah melalui sejumlah riset yang dilakukan AkzoNobel Global Aesthetic Centre di Amsterdam, Belanda, setiap tahun terhadap tren global yang terjadi dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat. 

Baca juga: Dulux Raih Double Platinum Indonesia Best Brand Award 2022

Wild Wonder terinspirasi dari kehidupan manusia yang menyatu dengan alam untuk mendapatkan keseimbangan hidup seutuhnya.

Wild Wonder memberikan inspirasi dengan menghadirkan suasana hangat, nyaman, tenang, yang mampu meningkatkan kreativitas serta produktivitas, terutama dalam rumah. 

Inspirasi alam ini juga tak terlepas dari kondisi pandemi Covid-19 yang telah dialami sejak dua tahun terakhir ini. Akibatnya, berpengaruh pada kesehatan mental sejumlah orang di dunia.  

"Seiring meningkatnya kesadaran akan kesehatan mental di seluruh dunia, mendekorasi rumah dengan palet warna bernuansa alam merupakan salah satu alternatif untuk memberikan inspirasi serta membangun kesehatan mental di tengah kondisi tidak pasti," ucap Oscar Wezenbeek, Managing Director, AkzoNobel Decorative Paints, South East and South Asia, dalam acara AkzoNobel Colour of the Year 2023 di Hotel Fairmont Jakarta, Selasa (24/1/2023).   

Baca juga: Warna Terbaik dan Terburuk untuk Kamar Tidur, Apa Saja?

Palet tren warna Wild Wonder, Buzz, yang terinspirasi dari padang rumput hijau yang mengagumkan serta keseimbangan dalam harmoni dengan suasana menenangkanDok/PT ICI Paints Indonesia (Dulux). Palet tren warna Wild Wonder, Buzz, yang terinspirasi dari padang rumput hijau yang mengagumkan serta keseimbangan dalam harmoni dengan suasana menenangkan
Dalam kesempatan yang sama, Nikki Hunt, founder Design Intervention, mengatakan warna adalah cara paling mudah mengubah sebuah emosi atau mood. 

Misalnya, apabila diaplikasikan ke dalam desain atau dekorasi rumah, warna bisa mengubah suasana dan perasaan seseorang dengan mudah.  

"Setiap warna memiliki makna berbeda yang jarang disadari. Warna dasar yang digunakand dalam emoji kenapa selalu kuning? Karena kuning melambangkan optimisme," ucap Nikki Hunt. 

Dulux menghadirkan empat palet warna cat dekoratif yang merupakan bagian dari Wild Wonder. 

Pertama, Lush yang terinspirasi dari "warna hutan" dengan warna hangat, lembut yang mampu memberikan suasana nyaman dan menenangkan hati. 

Baca juga: 6 Warna Menenangkan yang Dapat Diaplikasikan di Rumah

Kedua, Buzz merupakan palet warna yang terinspirasi dari hamparan padang rumput yang hijau, keanekaragaman hayati, dan ladang bunga liar yang mengagumkan serta memberikan keseimbangan harmoni dengan suasana menenangkan.

Ketiga, Raw adalah warna yang terinspirasi dari “musim panen” yang menggambarkan kekayaan sumber daya alam, yang mampu mengembangkan kreativitas dan semangat produktivitas.

Keempat, Flow adalah warna yang terinspirasi dari "warna pantai" yang memberikan kesan siklus kehidupan yang teratur, damai, dan tenang.

"Wild Wonder dan palet warna pendukungnya akan membawa energi dan hal-hal positif ke dalam rumah di seluruh dunia,” ujar Nikki Hunt, Founder Design Intervention.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com