Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Daun Tanaman Lili Paris Menguning? Penyebab dan Solusinya

Kompas.com - 24/01/2023, 19:48 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman laba-laba atau lili paris adalah salah satu tanaman hias yang mudah tumbuh dan dirawat. Tanaman lili paris memiliki masalah yang relatif sedikit.

Namun demikian, tanaman hias ini juga sering kali terkena masalah hama dan penyakit. Salah satu kondisi yang patut diwaspadai adalah daun tanaman lili paris menguning.

Dikutip dari Gardening Know How, Selasa (24/1/2023), daun menguning pada tanaman lili paris adalah keluhan klasik, tetapi penyebabnya membutuhkan beberapa penyelidikan serius untuk diungkap.

Baca juga: 6 Penyebab Daun Tanaman Menguning dan Cara Mengatasinya

 

Ilustrasi tanaman laba-laba atau spider plant atau lili paris. SHUTTERSTOCK/TYNZA Ilustrasi tanaman laba-laba atau spider plant atau lili paris.

Melihat kondisi tanaman dari dekat dan kondisi pertumbuhannya dapat mulai mengungkap mengapa Anda mungkin melihat daun menguning pada tanaman lili paris.

Lili paris adalah tanaman hias menawan yang sering ada dalam keluarga selama beberapa generasi. Tanaman kecil yang mereka hasilkan akan hidup selama bertahun-tahun dan menghasilkan spiderette sendiri.

Jika Anda memiliki induk tanaman lili paris, itu bisa sangat berharga karena merupakan sumber dari begitu banyak tanaman perbanyakannya.

Oleh karena itu, daun lili paris menguning adalah kondisi yang perlu diwaspadai dan penyebabnya perlu diidentifikasi dan ditangani dengan cepat.

Baca juga: Penyebab Daun Lidah Mertua Menguning dan Solusinya

Berikut beberapa penyebab mengapa daun tanaman lili paris menguning dan cara mengatasinya.

1. Kondisi lingkungan

Salah satu alasan yang lebih umum mengapa daun tanaman lili paris menguning adalah lingkungan tumbuhnya. Tanaman ini dapat tumbuh di pot kecil, tetapi Anda harus mengganti tanah setiap tahun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com