Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Cat Berbasis Bio, Mengubah Formaldehida Menjadi Uap Air

Kompas.com - 24/01/2023, 20:19 WIB
Abdul Haris Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring dengan perkembangan zaman, penggunaan cat yang lebih aman dan ramah lingkungan menjadi hal penting yang diperhatikan banyak masyarakat.

Sebab, dua hal tersebut berpengaruh besar terhadap kesehatan maupun keberlanjutan (sustainable) pada proses kehidupan manusia.

Sehubungan dengan hal itu, PT Mowilex Indonesia (Mowilex) menghadirkan formula terobosan berbasis bio yang mengandung 28 persen bahan baku terbarukan dan menghilangkan formaldehida dari udara dalam ruangan pada cat terbarunya, yakni Naturalle.

Baca juga: 6 Rekomendasi Warna Cat yang Dapat Mencerahkan Tangga Rumah

Cat ini terbuat dengan elemen tumbuhan yang tak hanya mengurangi jejak karbon secara keseluruhan, tetapi juga menciptakan cat bertekstur matte yang tahan lama, berkinerja tinggi yang minim bau, dan bebas senyawa volatile organic compound (VOC) atau senyawa organik mudah menguap.

Pengikat akrilik berbahan dasar air pada cat ini terbuat dari 28 persen bahan alami yang bersumber dari biji, serta batang dan rerumputan.

Pemanfaatan sumber nabati ini sama halnya dengan mengurangi polusi karena memangkas kebutuhan akan polimer yang berasal dari minyak bumi, dan meminimalisasi jejak karbon produk secara keseluruhan.

Dengan memperdagangkan resin minyak bumi untuk alternatif nabati, Mowilex menciptakan cat dengan bau yang ekstra minim, emisi rendah, dan bebas VOC.

Teknologi inovatif berbasis bio yang menopang Naturalle juga secara aktif meningkatkan kualitas udara di rumah dan perkantoran.

Seperti diketahui, bahan bangunan, produk pembersih, pernis, dan barang lainnya melepaskan formaldehida, polutan yang dapat mengiritasi mata dan hidung, memicu serangan asma, dan meningkatkan risiko kanker.

Baca juga: Warna Cat Kamar Tidur, Sebaiknya Gelap atau Terang?

Oleh Naturalle, formaldehida tersebut diserap dan diubah menjadi uap air, yang secara permanen menghilangkan kontaminan dari udara dalam ruangan.

Novina Tjahjadi, Kepala Riset dan Pengembangan Mowilex mengatakan, cat Naturalle yang dibuat oleh perusahaannya diolah dari bahan yang sebagian besarnya adalah material nabati berkelanjutan.

Pemanfaatan elemen terbarukan dibanding bahan mentah yang bersumber dari minyak nabati ini, kata Novina, adalah salah satu upaya menurunkan jejak karbon produk.

"Cat ini juga meningkatkan kualitas udara dalam ruangan dengan menghilangkan formaldehida, yang menawarkan solusi berkelanjutan untuk tantangan bersama,” ujar Novina dalam Siaran Persnya baru-baru ini.

Sementara itu, Manajer Marketing Dow Coating Materials, Yena Margono mengatakan bahwa emulsi akrilik berbasis bio Primal RN Biobased dan Teknologi Formashield dari Dow Inc. tergabung dalam cat Naturalle.

Hal itu menawarkan solusi berkelanjutan dan lingkungan yang lebih sehat sesuai standar pencegahan asma dan alergi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com