Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/01/2023, 19:09 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepatu menjadi benda yang digunakan setiap hari sehingga rentan membuatnya lebih cepat berbau, terlebih ketika keadaannya lembap atau basah.

Untungnya, mengatasi sepatu yang berbau tidaklah sulit. Dilansir dari Apartment Therapy, Selasa (24/1/2023), berikut beberapa cara mengatasi bau pada sepatu

Mencegah sepatu berbau

Ilustrasi sepatu kanvas.SHUTTERSTOCK / MeemiePhoto Ilustrasi sepatu kanvas.
Bruce Pinker, ahli penyakit kaki dan ahli bedah kaki bersertifikat di Progressive Foot Care, mengatakan  bau sepatu sering kali disebabkan keringat berlebih pada kaki. 

Maka itu, kenakan kaus kaki yang menyerap keringat, jemur sepatu di luar ruangan jika basah atau sangat lembap, dan ganti sepatu secara rutin alias tidak mengenakan sepatu yang sama setiap hari, terutama bila keadaannya basah. 

Selain itu, masukkan lembaran pengering, sol arang, atau sisipan penghilang bau lainnya ke dalam sepatu guna menjaganya tetap segar. 

Pastikan juga merawat kaki dengan semprotan atau krim penghilang bau sebelum mengenakan sepatu untuk mencegah bau serta menghentikan pertumbuhan bakteri. 

Hilangkan juga bau pada kabinet atau tempat penyimpanan sepatu dengan memasukkan sekotak baking soda di dalamnya. 

Mencuci sepatu

Selanjutnya, cara mengatasi bau pada sepatu adalah mencucinya. Jika sepatu kotor dan terbuat dari bahan tahan air (bukan kulit atau sesuatu yang dapat diubah secara permanen), Anda dapat mencucinya. 

Perlu diingat, pencucian berulang akan menyebabkan sepatu lebih cepat rusak sehingga perlu diperbaiki atau diganti. Beberapa sepatu dapat dicuci menggunakan mesin cuci seperti mencuci pakaian. 

Terkadang Anda bisa melepas dan mencuci sol sepatu saja dan itu sudah cukup. Gunakan pengaturan  lembut pada mesin cuci dan pastikan memeriksa instruksi apa yang tersedia untuk jenis sepatu Anda sebelum melanjutkan.

Anda juga dapat menggunakan waslap dan beberapa produk pembersih umum seperti sabun cuci piring, detergen, atau penghilang noda. Uji produk apa pun di area kecil yang kurang terlihat sebelum menggunakannya di seluruh sepatu.  

Mengeringkan sepatu 

Ilustrasi sepatu. UNSPLASH/CAMILA DAMASIO Ilustrasi sepatu.
Sepatu berbau bisa disebabkan karena tidak mengeringkannya dengan tepat sehingga menumbuhkan jamur. Beberapa sepatu dapat masuk ke mesin pengering, sebagian besar dilengkapi alat pengering sepatu yang mencegah keausan pada sepatu saat diletakkan di dalam.

Namun, sebagian sepatu harus dikeringkan dengan udara. Untuk mencegah jamur, pilih area berventilasi baik atau saat cuaca cerah untuk menjemur sepatu di bawah sinar matahari selama beberapa jam. 

Namun, jangan tinggalkan sepatu di bawah sinar matahari langsung sepanjang hari, terutama jika Anda berada di iklim sangat panas karena bisa membuat warnanya memudar dan bahan tertentu bisa meleleh.

Menggunakan produk penghilang bau

Menggunakan produk penghilang bau dapat menjadi cara mengatasi bau pada sepatu. Pinker menjelaskan mengoleskan bedak kaki dengan penyerap super ke kaki dapat membantu menyerap kelembapan berlebihan pada sepatu serta meminimalkan bau busuk. 

Bedak tabur menyerap kelembapan. Memercikkan bahan ini ke dalam sepatu dapat menghilangkan bau pada sepatu begitu baunya meresap dan membantu mencegah jamur kaki. 

Selain itu, bisa pula memasukkan baking soda, yang juga menyerap kelembapan dan bau, ke dalam sepatu setelah memakainya. Setelah itu, isi sepatu dengan koran atau kertas tisu dan vakum sepatu sebelum mengenakannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com