Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisakah Menyimpan Minyak Goreng di Kulkas? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 09/01/2023, 19:47 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Minyak goreng sudah lazim diletakkan di dapur, bahkan di dekat kompor. Namun, tidak jarang pula orang menyimpan minyak goreng di kulkas.

Akan tetapi, sebenarnya apakah minyak goreng bisa disimpan di kulkas? Dikutip dari Tasting Table, Senin (9/1/2023), berikut penjelasannya.

Begitu botol minyak goreng dibuka, minyak terpapar oksigen di udara. Menurut The San Diego Union-Tribune, paparan dapat memulai proses oksidasi, yang mengakibatkan minyak rusak.

Baca juga: Jangan Letakkan Minyak Goreng di Dekat Kompor, Kenapa?

 

Ilustrasi tips memakai minyak goreng agar awetSHUTTERSTOCK/TALYAAL Ilustrasi tips memakai minyak goreng agar awet

Namun, publikasi tersebut menunjukkan bahwa prosesnya lambat dan tidak ada yang menunjukkan bahwa oksidasi lambat membahayakan kita atau memengaruhi minyak yang kita gunakan saat memasak.

Ini tidak berarti kita dapat menyimpan minyak goreng di mana pun. Seperti yang dikatakan koki selebriti Brian Malarkey kepada Real Simple, dalam hal menyimpan minyak, tidak ada satu ukuran yang cocok untuk semua.

Satu hal yang tidak boleh Anda lakukan adalah menyimpan minyak di atas kompor di tempat yang terkena panas di dalam wadahnya. 

Minyak yang berbeda merespons pendinginan secara berbeda

Jika Anda bertanya-tanya apakah menyimpan minyak goreng di kulkas adalah suatu pilihan, itu tergantung. Bagaimana minyak bereaksi terhadap pendinginan tergantung pada apa yang dikandungnya.

Baca juga: 5 Benda di Rumah yang Bisa Dibersihkan dengan Minyak Zaitun

Delighted Cooking mengatakan bahwa minyak yang paling baik disimpan di kulkas memiliki kadar lemak tak jenuh ganda atau tak jenuh tunggal yang tinggi. Minyak tersebut termasuk minyak safflower, minyak bunga matahari, minyak canola, atau minyak zaitun.

Minyak lainnya dapat disimpan di tempat yang sejuk dan gelap.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com