Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Minyak Ikan untuk Anjing dan Kucing Peliharaan

Kompas.com - 06/12/2022, 23:30 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber PetMD

JAKARTA, KOMPAS.com – Setiap pemilik anjing maupun kucing akan memberikan nutrisi terbaik agar sahabat bulu selalu sehat, kuat, dan sejahtera.

Selain itu, banyak pemilik memberikan vitamin untuk hewan peliharaan mereka guna meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus membuat bulunya tampak lebat dan terasa halus. 

Namun, ada anggapan bahwa menggunakan minyak ikan dapat membuat hewan peliharaan lebih sehat karena mengandung berbagai manfaat kesehatan bagi anjing dan kucing peliharaan. Benarkah demikian?

Baca juga: Minyak Ikan Bagus untuk Kucing? Ini Penjelasannya

Apa itu minyak ikan?

Ilustrasi anjing dan kucing.Shutterstock/Bachkova Natalia Ilustrasi anjing dan kucing.

Dokter hewan bernama JoAnna Pendergrass menuliskan dalam PetMD, Selasa (6/12/2022), minyak ikan adalah suplemen nutrisi yang memiliki banyak manfaat kesehatan. 

Minyak ikan mengandung asam lemak omega-3, yakni lemak dengan banyak fungsi penting dalam tubuh seperti memberikan struktur pada membran sel dan energi bagi tubuh. 

“Asam lemak omega-3 adalah asam lemak esensial. Artinya, tubuh tidak dapat memproduksinya dan harus diperoleh dari makanan,” tulis Pendergrass.

Ia melanjutkan, suplemen minyak ikan yang tersedia dalam bentuk pil atau cair memiliki dua jenis asam lemak omega-3, yakni asam Eikosapentaenoat (EPA) dan asam Dokosaheksaenoat (DHA).

Pendergrass menjelaskan, dua jenis asam lemak ini terutama ditemukan pada ikan air dingin seperti salmon, tuna, pollock, dan trout.

Baca juga: Penyebab dan Tanda Anjing Peliharaan Membenci Anjing Lain

Manfaat minyak ikan untuk anjing dan kucing

  • Mengurangi peradangan

Menurut Pendergrass, suplemen minyak ikan terkenal karena sifat anti-inflamasinya. Faktanya, EPA dan DHA bekerja sebagai sinyal seluler untuk mengurangi peradangan.

“Karena itu, suplemen minyak ikan membantu mengatasi penyakit radang seperti radang sendi dan penyakit jantung,” katanya. 

Minyak ikan juga dapat meredakan peradangan karena alergi kulit sehingga membantu sahabat bulu merasa tidak terlalu gatal.

Apabila kucing dan anjing mengidap radang sendi yang parah, minyak ikan bisa digunakan bersama dengan obat nyeri untuk memaksimalkan obat pereda nyeri.

Baca juga: Benarkah Semua Kucing Selalu Mendarat pada Kakinya Saat Terjatuh?

  • Meningkatkan perkembangan otak dan fungsi kognitif

Ilustrasi anjing dan kucingShutterstock/Chendongshan Ilustrasi anjing dan kucing

DHA memainkan peran penting dalam perkembangan dan fungsi otak. Pada anak anjing, suplemen DHA dapat membantunya mempelajari sesuatu dan mempertahankan berbagai keterampilan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber PetMD
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com