Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tren Desain Kamar Mandi 2023 Teratas Menurut Desainer Interior

Kompas.com - 09/01/2023, 17:53 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Desain kamar mandi terus berubah setiap tahunnya, termasuk pada 2023 ini.

Namun, beberapa ahli juga memprediksi bahwa tren tersebut masih akan membawa gaya pada 2022 seperti garis yang bersih, bahan yang mudah dirawat, warna alami yang besar, serta kenyamanan. 

Baca juga: Warna yang Cocok untuk Kamar Mandi, Hijau hingga Biru Tua

Menurut Jean-Jacques L'Henaff, pakar desain LIXIL Global Design, kamar mandi telah berubah menjadi ruang yang berfokus pada kesehatan, kebugaran, juga relaksasi.

Saat bersamaan, tren desain rumah yang lebih besar mempengaruhi gaya estetika. Akibatnya, personalisasi mendorong banyak pilihan desain serta mendorong pemilik rumah untuk menciptakan kamar mandi yang nyaman dengan pengalaman mandi khusus.

Nah, dilansir dari Better Homes and Gardens, Senin (9/1/2023), berikut tren desain kamar mandi 2023 Teratas menurut para desainer interior. 

Baca juga: 5 Warna yang Harus Dihindari di Kamar Mandi, Apa Saja?

Area shower yang luar biasa

Ilustrasi kamar mandi.SHUTTERSTOCK / Artazum Ilustrasi kamar mandi.
Tampaknya semua orang setuju bahwa 2023 adalah tahun "hujan". Pinterest Predicts mengidentifikasi "rutinitas mandi yang tinggi" di antara tren teratasnya untuk tahun ini.

Demikian pula, penelitian Tren Desain 2023 oleh National Kitchen and Bath Association (NKBA) dan penelitian Tren Kamar Mandi 2022 dari Houzz melaporkan kelanjutan dan peningkatan popularitas dalam peningkatan shower.

Ini termasuk memperluas ukuran shower—shower dua orang lebih disukai menurut NKBA — serta kursi shower dan banyak shower.  Namun, bilik shower tidak hanya memiliki fokus fungsional.

Michele Youell, anggota NKBA dan desainer di Natural Domain Interiors, menunjuk ke elemen desain seperti sumber cahaya alami, pencahayaan aksen, dan ubin dinding yang menakjubkan secara visual menciptakan pemandangan-menangkap pancuran saat dipasangkan dengan penutup pancuran kaca yang populer.  

Baca juga: 5 Langkah Membersihkan Kepala Shower yang Berkerak 

Menghilangkan bathtub yang besar 

Youell menjelaskan bathtub modern yang berdiri sendiri telah menjadi tren selama beberapa tahun.

Namun, beberapa klien Youell meminta menghilangkan bathtub besar yang tidak terpakai dan mendapatkan kembali ruang itu. 

Ruang tersebut digunakan kembali untuk elemen desain kamar mandi yang sedang tren lainnya seperti shower yang diperluas atau lemari linen kamar mandi.

Menghapus bathtub juga bisa membuka denah untuk membuatnya terasa tidak terlalu ramai dan lebih tenteram. 

Baca juga: Cara Membersihkan Kamar Mandi dalam Waktu 30 Menit

Inspirasi tempat spa

Ilustrasi kamar mandi minimalis, ilustrasi kamar mandi mewah.Shutterstock/ImageFlow Ilustrasi kamar mandi minimalis, ilustrasi kamar mandi mewah.
Selanjutnya, tren desain kamar mandi 2023 adalah terinspirasi dari tempat spa. Ada perubahan pola pikir dalam hal desain kamar mandi. Kamar mandi kini tak hanya untuk mandi, tapi juga ruangbersantai dan merawat tubuh.

“Ini dapat membantu menyembuhkan sakit tubuh saat terserang flu, bahkan membantu otot yang pegal,” kata Lauren Schulte, anggota NKBA dan pemilik serta desainer Monarch Kitchen Design Studio.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com