Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bisakah Menyimpan Minyak Goreng di Kulkas? Ini Penjelasannya

JAKARTA, KOMPAS.com - Minyak goreng sudah lazim diletakkan di dapur, bahkan di dekat kompor. Namun, tidak jarang pula orang menyimpan minyak goreng di kulkas.

Akan tetapi, sebenarnya apakah minyak goreng bisa disimpan di kulkas? Dikutip dari Tasting Table, Senin (9/1/2023), berikut penjelasannya.

Begitu botol minyak goreng dibuka, minyak terpapar oksigen di udara. Menurut The San Diego Union-Tribune, paparan dapat memulai proses oksidasi, yang mengakibatkan minyak rusak.

Namun, publikasi tersebut menunjukkan bahwa prosesnya lambat dan tidak ada yang menunjukkan bahwa oksidasi lambat membahayakan kita atau memengaruhi minyak yang kita gunakan saat memasak.

Ini tidak berarti kita dapat menyimpan minyak goreng di mana pun. Seperti yang dikatakan koki selebriti Brian Malarkey kepada Real Simple, dalam hal menyimpan minyak, tidak ada satu ukuran yang cocok untuk semua.

Satu hal yang tidak boleh Anda lakukan adalah menyimpan minyak di atas kompor di tempat yang terkena panas di dalam wadahnya. 

Minyak yang berbeda merespons pendinginan secara berbeda

Jika Anda bertanya-tanya apakah menyimpan minyak goreng di kulkas adalah suatu pilihan, itu tergantung. Bagaimana minyak bereaksi terhadap pendinginan tergantung pada apa yang dikandungnya.

Delighted Cooking mengatakan bahwa minyak yang paling baik disimpan di kulkas memiliki kadar lemak tak jenuh ganda atau tak jenuh tunggal yang tinggi. Minyak tersebut termasuk minyak safflower, minyak bunga matahari, minyak canola, atau minyak zaitun.

Minyak lainnya dapat disimpan di tempat yang sejuk dan gelap.

Pengembang resep HelloFresh Victoria Abdelhady menyatakan kepada Real Simple bahwa minyak safflower dapat disimpan dalam kulkas hingga enam bulan, atau disimpan di tempat yang sejuk dan gelap hingga dua tahun.

Minyak ini memiliki kandungan lemak tak jenuh ganda yang tinggi, yang artinya akan tetap ada. cair saat didinginkan.

Minyak lain yang dapat disimpan di kulkas tanpa pembekuan adalah minyak wijen. Adapun minyak kelapa menjadi padat saat terkena suhu dingin, minyak kelapa akan tetap segar lebih lama di lingkungan yang dingin.

Huffington Post memperingatkan bahwa menyimpan minyak di kulkas dapat membuatnya keruh dan kental seperti minyak kelapa. Namun, ini akan hilang dengan sendirinya saat minyak dibawa ke suhu ruang.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/01/09/194700476/bisakah-menyimpan-minyak-goreng-di-kulkas-ini-penjelasannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke