Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Posisi Terbaik Menempatkan Dapur Menurut Vastu dan Feng Shui

Kompas.com - 05/01/2023, 14:25 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur menjadi bagian penting dari sebuah rumah dan faktor utama dalam kesehatan umum serta kesejahteraan penghuni.

Selain itu, dapur adalah area rumah paling terpengaruh darisemua jenis energi. Karena itu, area penting dari rumah ini harus berada di tempat yang sesuai, yaitu Tenggara yang diatur elemen api. 

Baca juga: Catat, 6 Hal Ini Tidak Boleh Dibuang ke Saluran Wastafel Dapur

Dilansir dari Times of India, Kamis (5/1/2023), ada beberapa aturan dalam Vastu terkait dengan posisi dapur. Sesuai dengan Vastu, area timur laut, barat daya, dan tengah rumah tidak boleh digunakan untuk membangun dapur.

Kompor gas di dapur tidak boleh terlihat dari luar, dapur tidak boleh berdampingan dengan kamar mandi, dan berada di atas atau bawah kamar mandi. 

Tak hanya itu, pintu dapur tidak boleh menghadap ke pintu kamar mandi serta tidak boleh menghadap pintu masuk utama rumah karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan penghuninya. 

Baca juga: 8 Tren Dapur yang Tidak Lagi Populer pada 2023, Termasuk Dapur Putih

Hindari menempatkan dapur di tengah rumah

Ilustrasi dapur minimalis.Shutterstock/ImageFlow Ilustrasi dapur minimalis.
Sementara itu, menurut feng shui, hindari menempatkan dapur di bagian tengah rumah. Lokasi terbaik menempatkan dapur di rumah adalah di bagian timur atau selatan sehingga dapat mempromosikan elemen api.

Jika kompor menghadap ke pintu depan rumah, sebaiknya letakkan sekat di antara pintu depan dan dapur agar kompor tidak terlihat dari pintu.

Namun, apabila tidak ada pilihan lain untuk menempatkan dapur di tengah rumah, coba beri energi pada area lain seperti ruang tamu atau ruang makan dengan lampu terang atau musik sehingga dapat menggeser jantung rumah.  

Baca juga: 6 Renovasi Dapur yang Dapat Menjual Rumah Lebih Cepat

Apabila saat memasak membelakangi pintu, gunakan cermin atau pantulan dari oven microwave di atas kompor sehingga bisa melihat pintunya.

Selain itu, kulkas dan elemen api, seperti kompor, tidak boleh diletakkan bersebelahan. Jika tidak punya pilihan, letakkan tanaman atau sesuatu yang hijau di antaranya guna memblokir dan menyeimbangkan energi.

Begitu pun, apabila memiliki rumah berlantai dua dan kompor berada tepat di bawah kamar mandi, Anda dapat menyorotkan cahaya terang ke atas untuk memisahkan api dan air. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com