Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

14 Hal yang Membuat Peralatan Elektronik di Dapur Cepat Rusak

Kompas.com - 23/12/2022, 12:05 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber CNET

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki beragam peralatan elektroni di rumah berarti siap mengeluarkan biaya setiap bulannya untuk tagihan listrik. Terlebih peralatan ini merupakan peralatan yang sering digunakan, seperti kulkas, mesin cuci, microwave, dan oven.

Oleh karena itu, perawatan yang sesuai dapat memperpanjang penggunaan peralatan elektronik rumah tangga serta lebih efisien konsumsi listriknya.

Dilansir Cnet, Jumat (23/12/2022) ada beberapa hal yang dapat membuat peralatan elektronik cepat rusak serta menghabiskan banyak listrik, antara lain sebagai berikut.

Baca juga: 8 Peralatan Elektronik Rumah Tangga yang Menghabiskan Banyak Listrik

Ilustrasi kulkas, lemari es, menyimpan makanan di kulkas. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi kulkas, lemari es, menyimpan makanan di kulkas.

1. Mengisi kulkas terlalu penuh

Kulkas membutuhkan banyak ruang untuk sirkulasi udara di dalamnya. Kulkas yang terlalu penuh tidak dapat mengalirkan udara untuk mendinginkan makanan di dalam kulkas dengan baik.

2. Tidak memberikan ruang pada sekeliling kulkas

Menempatkan kulkas terlalu dekat dengan dinding dapat menghambat sirkulasi udara.

Jika kulkas memiliki kisi-kisi gulungan hitam yang isebut gulungan kondensor di bagian belakang, maka pindahkan kulkas beberapa sentimeter dari dinding.

3. Meletakkan barang di atas kulkas 

Sering kali permukaan atas kulkas menjadi tempat meletakkan barang, tetapi Anda tidak boleh melakukannya. Kulkas membutuhkan aliran udara di sekeliling unit.

 

Baca juga: Barang Elektronik Rusak, Perbaiki atau Beli Baru?

Ini juga berarti bahwa menempatkan kulkas di lemari khusus juga tidak boleh, kecuali jika dibuat khusus untuk pemasangan di dalam lemari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com