Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Renovasi Dapur yang Dapat Menjual Rumah Lebih Cepat

Kompas.com - 03/01/2023, 14:47 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjual rumah sering kali menjadi proses yang panjang serta rumit, bahkan membuat pusing. 

Namun, para pakar real estate mengungkapkan bahwa merenovasi dapur dapat membuat proses menjual rumah lebih cepat. 

Baca juga: 7 Tren Warna Dinding Dapur 2023, Hitam hingga Kuning

Dapur yang terlihat modern, cantik, dan tertata dapat meningkatkan daya tarik dapur sehingga memikat pembeli. 

Kabar baiknya, merenovasi dapur yang dilakukan tidak perlu secara besar-besaran. Dengan melakukan peningkatan kecil, dapat membuat perbedaan besar pada dapur. Bahkan merenovasi dapur dapat meningkatkan nilai jual rumah. 

Lantas, perombakan apa saja yang perlu dilakukan? 

Dilansir dari Homes and Gardens, Selasa (2/3/2023), berikut sejumlah renovasi dapur yang dapat menjual rumah lebih cepat.  

Baca juga: Hindari, Ini 7 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Membersihkan Dapur

Memperbarui kabinet dapur 

Ilustrasi dapur minimalis, Ilustrasi dapur modern.Shutterstock/ImageFlow Ilustrasi dapur minimalis, Ilustrasi dapur modern.
Pikirkan lemari dapur sebagai struktur tulang dapur. Kabinet dapur yang indah dan baru dicat adalah salah satu hal pertama yang diperhatikan pembeli tentang dapur sehingga mereka tidak perlu melakukan peningkatan atau pembaruan setelah pindah.

Chenise Bhimull, desainer interior dan makelar berlisensi yang bekerja di Real Estat ZFC, menjelaskan bahwa setiap penjual perlu menanyakan kepada diri sendiri tentang berapa banyak peningkatan yang dibutuhkan lemari dapur. 

"Jika lemari yang ada sudah masuk kondisi bagus, mengecat atau menyempurnakannya adalah hal yang perlu diakukan. Namun, jika sudah rusak atau ketinggalan zaman, menggantinya dengan kabinet baru benar-benar dapat meningkatkan tampilan dan nuansa dapur."

Bhimull merekomendasikan memilih lemari dapur dengan perangkat keras berkualitas tinggi dan hasil akhir yang dapat bertahan lama. 

Baca juga: 5 Cara Merenovasi Dapur untuk Meningkatkan Nilai Jual Rumah

Peralatan baru 

Selanjutnya, renovasi dapur yang dapat menjual rumah lebih cepat adalah mengganti peralatan lama. Pembeli selalu memilih dapur dengan peralatan baru sehingga dapat mulai menggunakan dapur segera setelah pindah.

Bhimull menyarankan peningkatan ke baja tahan karat modern atau peralatan hemat energi dapat menambah banyak nilai jual kembali.

Berinvestasi pada peralatan baru dapat membuat dapur terlihat lebih modern dan menarik serta sangat menarik bagi calon pembeli. 

Bhimull juga merekomendasikan memilih rangkaian peralatan dengan finishing serupa untuk tampilan yang kohesif daripada membeli peralatan satu per satu. 

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Ditanyakan pada Kontraktor Sebelum Merenovasi Dapur

Countertop baru 

Ilustrasi dapur.Unsplash/Sidekix Media Ilustrasi dapur.
Countertop atau meja dapur baru dapat langsung meningkatkan tampilan ruang dan membuatnya lebih menarik bagi calon pembeli.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com