Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Renovasi Dapur yang Dapat Menjual Rumah Lebih Cepat

Namun, para pakar real estate mengungkapkan bahwa merenovasi dapur dapat membuat proses menjual rumah lebih cepat. 

Dapur yang terlihat modern, cantik, dan tertata dapat meningkatkan daya tarik dapur sehingga memikat pembeli. 

Kabar baiknya, merenovasi dapur yang dilakukan tidak perlu secara besar-besaran. Dengan melakukan peningkatan kecil, dapat membuat perbedaan besar pada dapur. Bahkan merenovasi dapur dapat meningkatkan nilai jual rumah. 

Lantas, perombakan apa saja yang perlu dilakukan? 

Dilansir dari Homes and Gardens, Selasa (2/3/2023), berikut sejumlah renovasi dapur yang dapat menjual rumah lebih cepat.  

Chenise Bhimull, desainer interior dan makelar berlisensi yang bekerja di Real Estat ZFC, menjelaskan bahwa setiap penjual perlu menanyakan kepada diri sendiri tentang berapa banyak peningkatan yang dibutuhkan lemari dapur. 

"Jika lemari yang ada sudah masuk kondisi bagus, mengecat atau menyempurnakannya adalah hal yang perlu diakukan. Namun, jika sudah rusak atau ketinggalan zaman, menggantinya dengan kabinet baru benar-benar dapat meningkatkan tampilan dan nuansa dapur."

Bhimull merekomendasikan memilih lemari dapur dengan perangkat keras berkualitas tinggi dan hasil akhir yang dapat bertahan lama. 

Peralatan baru 

Selanjutnya, renovasi dapur yang dapat menjual rumah lebih cepat adalah mengganti peralatan lama. Pembeli selalu memilih dapur dengan peralatan baru sehingga dapat mulai menggunakan dapur segera setelah pindah.

Bhimull menyarankan peningkatan ke baja tahan karat modern atau peralatan hemat energi dapat menambah banyak nilai jual kembali.

Berinvestasi pada peralatan baru dapat membuat dapur terlihat lebih modern dan menarik serta sangat menarik bagi calon pembeli. 

Bhimull juga merekomendasikan memilih rangkaian peralatan dengan finishing serupa untuk tampilan yang kohesif daripada membeli peralatan satu per satu. 

Jennifer Patchen, pialang real estate di Opendoor, merekomendasikan memilih bahan berkualitas tinggi.

"Saya merekomendasikan melihat kuarsa dan porselen karena merupakan alternatif yang lebih hemat biaya untuk marmer dan perawatannya lebih sedikit," imbuhnya. 

Saat ini, meja kuarsa dan porselen dapat memberi Anda tampilan mewah dan daya tahan yang bagus dengan harga lebih terjangkangu daripada material batu asli yang kemungkinan besar dihindari penjual.

Namun, menghindari opsi laminasi yang lebih murah karena pembeli akan menyadarinya.  

Mengecat dapur 

Pekerjaan cat adalah salah satu peningkatan paling mudah yang bisa dilakukan sendiri, tetapi dapat membuat perbedaan dramatis pada tampilan dan nuansa dapur. Cat juga menjadi renovasi dapur yang dapat menjual rumah lebih cepat.

Kamil Kowalski Presiden di LimakWay Renovasi menyarankan tidak perlu mengecat ulang seluruh dapur untuk meningkatkan peluang penjualan cepat.

"Pertimbangkan mengecat dinding dengan rona cerah atau menambahkan backsplash warna-warni ke meja." kata Kowalski. 

Dinding aksen bisa menjadi semua yang diperlukan untuk memberi dapur tampilan lebih modern, tetapi itu hanya berlaku untuk dapur yang catnya sudah dalam kondisi baik.

Monika Zasada, kurator ahli renovasi rumah dan bangunan di De-mazing, Sag Harbor, Amerika Serikat, memperingatkan tidak menggunakan terlalu banyak warna sekaligus di dapur.

"Daripada memperkenalkan banyak warna (jumlah yang tinggi mengecilkan ruang secara visual), pertahankan maksimal dua warna," imbuhnya.  

Jika dapur saat ini hanya memiliki lampu sorot yang ditempatkan secara tidak tepat, saatnya memikirkan kembali skema pencahayaan.

Jennifer Patchen menegaskan mengganti pencahayaan adalah perubahan kecil, tapi kuat yang akan berdampak besar pada ruangan. 

Mulailah dengan memperkenalkan lampu gantung yang ditempatkan secara strategis. Patchen merekomendasikan memilih perlengkapan dengan tiga lampu atau lebih untuk segera mencerahkan ruangan dan membuatnya terasa lebih besar.  

Tata letak yang tepat 

Terakhir, renovasi dapur yang dapat menjual rumah lebih cepat adalah menentukan tata letak yang tepat. Anda mungkin perlu melakukan lebih banyak perencanaan di sini.

Perhatikan tata letak dapur. Apakah ada cukup ruang untuk persiapan makanan? Apakah penyimpanan dapur cukup? Jika ada kekurangan besar dalam rencana dapur, sekarang saatnya melakukan beberapa perbaikan.

Jennifer Patchen merekomendasikan berfokus pada penyimpanan dan ruang meja sebagai prioritas.

Jika dapur terasa kecil dan sempit, pertimbangkan melepas pintu dari salah satu lemari atas Anda untuk tampilan rak terbuka yang lebih ringan tanpa kehilangan penyimpanan.

Demikian pula, jika merasa dapur tidak memiliki permukaan meja yang cukup, pertimbangkan membeli kitchen island kecil. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/01/03/144700076/6-renovasi-dapur-yang-dapat-menjual-rumah-lebih-cepat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke