Kompas.com - 30/09/2022, 16:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur umumnya berada di area belakang rumah karena dianggap lebih aman serta tidak mengganggu kenyaman dan ketenangan di ruangan lain saat sedang memasak dan menyiapkan makanan. 

Meski berada di belakang, dapur dapat meningkatkan nilai jual rumah apabila berencana menjual properti. 

Baca juga: Ini Posisi Tepat Meletakkan Kompor dan Wastafel di Dapur

Karena itu, disarankan perlu berinvestasi sedikit dalam hal merenovasi dan memodernisasi dapur. Merenovasi dapur dengan tepat tidak hanya meningkatkan nilai properti, tetapi juga membuat lebih menarik bagi pembeli potensial.

Nah, dikutip dari My Decorative, Jumat (30/9/2022), berikut cara merenovasi dapur untuk meningkatkan nilai jual rumah. 

Ikuti keinginan pembeli

Ilustrasi dapur terbuka, ilustrasi dapur farmhouse.Shutterstock/Sheila Say Ilustrasi dapur terbuka, ilustrasi dapur farmhouse.
Meski mudah terjebak dalam hal-hal yang disukai dan butuhkan, ingatlah bahwa dapur bukan untuk Anda, melainkan siapa pun yang akan membeli properti Anda.

Jadi, saat memikirkan aspek lain dari renovasi dapur, pertimbangkan hal-hal seperti jenis pembeli yang ingin Anda tarik, lingkungan tempat tinggal, tren, dan dekorasi.  

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Ditanyakan pada Kontraktor Sebelum Merenovasi Dapur

Pekerjakan profesional

Jika tinggal di rumah sendiri, mungkin tidak masalah mencoba beberapa trik DIY merenovasi dapur. Namun, bila berencana menjual rumah, sebaiknya memberikan pada profesional untuk merenovasi dapur. 

Kontraktor profesional akan memeriksa semua jenis inspeksi dan persyaratan sebelum rumah resmi dijual.  

Baca juga: 4 Hal yang Harus Diperhatikan saat Merenovasi Rumah di Daerah Banjir

Pilih warna netral

Anda mungkin menyukai gagasan memiliki dapur berwarna merah muda, kuning, atau cerah di rumah, tetapi ingatlah untuk mengingat pembeli.

Calon pembeli mencari tempat yang siap pindah dan mudah divisualisasikan sebagai milik mereka. Karena itu, solusi terbaik adalah menggunakan warna dan nada netral sehingga pembeli tidak perlu mengubah dapur lagi setelah pindah rumah. 

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.