Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/12/2022, 17:35 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Furnitur dapat melengkapi dan membuat tampilan ruangan lebih tertata. Namun, memilih furnitur tidak boleh dilakukan secara asal dan bisa sulit, terlebih untuk ruang terbatas atau kecil . 

Ahmad Numairi Yahya, Head of Interior Dekoruma, mengatakan memilih furnitur tidak hanya menampilkan kesan yang cantik, tapi juga sesuai dengan kebutuhan. 

Baca juga: 5 Cara Menata dan Menggunakan Furnitur di Kamar Tidur Kecil

Ia mengatakan ada beberapa furnitur yang bisa digunakan di ruang terbatas seperti furnitur fungsional. Misalnya, memilih menggunakan meja makan yang dapat dilipat ketika tidak digunakan atau meja yang menempel pada dinding agar tidak memakan banyak ruang.

Selain itu, penataan ruangan pun menjadi proses penting dalam memberikan kesan ruang yang luas.

"Ketika ingin memiliki kitchen set, dinning room, dan living room, caranya menggunakan kitchen island di antara living room dan dinning room. Kitchen island ini bisa dijadikan sebuah dinning sehingga tidak memakan tempat," ujar Ahmad Numairi dalam acara Dekoruma Year End Gathering di Senopati, Jakarta Selata, baru-baru.  

Baca juga: Ini 6 Gaya Furnitur yang Akan Menjadi Tren di Tahun 2023

Ilustrasi ruang keluarga kecilShutterstock/Photographee.eu Ilustrasi ruang keluarga kecil
Selain furnitur dan penataan ruangan, ruang terbatas juga perlu menggunakan cermin, warna terang, serta furnitur ramping. 

"Untuk ruang kecil, disarankan hindari penggunaan warna-warna yang terlalu bold, furnitur besar dengan kaki-kaki yang tidak ramping, serta ornamen yang tidak perlu harus dihindari" tambahnya.

Sebagai solusi, gunakan sofa L seat untuk memberikan tempat duduk yang lebih luas.

Namun, untuk material, Ahmad Numairi mengatakan tidak ada material yang membuat ruangan semakin terasa sempit. 

Baca juga: 4 Tips Mengatur Furnitur di Ruangan dengan Banyak Jendela

Misalnya, ketika seseorang menggunakan kayu jati, asal bentuknya ramping dengan kaki-kaki yang kecil, bisa mengesankan ruangan lebih lapang. 

Selain itu, untuk lighting atau pencahayaan, Ahmad Numairi menjelaskan perlu menggunakan lampu yang terang di ruang kecil dan pencahayaan tambahan seperti pencahayaan ambient yang diletakkan pada ceiling.

Penggunaan warna lampu yang warm dapat membuat ruangan lebih terasa cozy dan bisa meningkatkan luasan ruangan secara vertikal.  

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap pada Furnitur Kulit

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Hardiaz Wibawa, Senior Vice President- Commercial Dekoruma, menjelaskan pemilik rumah saat inin akan mencari furnitur yang fungsional untuk ruangan terbatas. 

"Saat ini, banyak rumah kecil, tapi mereka mau mengisi rumah dengan cantik sehingga furnitur fungsional bisa menjadi salah satu pilihannya," jelasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com