Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Memasukkan Bola Tenis ke Mesin Pengering Pakaian

Kompas.com - 14/11/2022, 16:18 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap orang memiliki beberapa tips pembersihan rumah yang dianggap lebih efektif dan cepat. 

Salah satunya, memasukkan bola tenis ke mesin pengering dianggap dapat melembutkan dan mengeringkan pakaian lebih cepat. Betulkah cara ini efektif? 

Baca juga: Ini Suhu Air Terbaik untuk Mencuci Pakaian Dalam

Dilansir dari Apartment Therapy, Senin (14/11/2022), trik memasukkan bola tenis ke meisn pengering tampaknya berhasil sehingga bisa mencobanya. Namun, bagaimana cara kerjanya?

Kulit wol atau nilon bola tenis mengacak-acak serat kain pada pakaian dan seprai serta membantu melembutkan bahan. Wol juga dikenal karena kemampuannya menyerap air. 

Selain itu, hal yang membuat trik ini sangat efektif adalah wol dan air bereaksi untuk menghasilkan panas.

How Stuff Works menjelaskan ikatan hidrogen air, H2O, sebenarnya terputus sehingga menciptakan reaksi kimia dengan molekul serat wol untuk menghasilkan panas ketika telah menyerap banyak uap air.  

Baca juga: Cara Mengeringkan Pakaian Saat Musim Hujan agar Tidak Bau

Jadi, saat bola wol melunak, kain juga menambahkan sedikit panas, yang akhirnya membuat  bola mempercepat waktu pengeringan.

Kehadiran fisik bola tenis menyebabkan lebih banyak gerakan dan ruang di antara benda-benda, yang memungkinkan lebih banyak udara masuk, menyebabkan pakaian lebih kering.

Beberapa barang terbaik yang bisa dilembutkan bola tenis dan mempercepat proses pengeringan adalah barang-barang yang lebih besar seperti bantal yang baru dicuci dan selimut yang bersih.  

Baca juga: Mesin Pengering Vs Udara, Mana yang Terbaik untuk Mengeringkan Pakaian? 

Bagaimana dengan bola pengering, bukan bola tenis?

Ilustrasi bola tenis.PIXABAY/Bessi Ilustrasi bola tenis.
Bola pengering juga bekerja dengan cara sangat mirip dengan bola tenis. Perbedaan utama  a keduanya adalah bahan pembuatannya. 

Bola pengering tersedia dalam berbagai bahan berbeda, seperti wol, plastik, dan karet, sedangkan bola tenis standar terbuat dari kain kempa atau nilon dan karet.

Lantas, apakah ada risiko yang terjadi ketika memasukkan bola tenis ke mesin pengering? 

Tidak ada yang terlalu berisiko menambahkan bola tenis ke cucian. Seperti apa pun yang memiliki karet pada bagian atasnya, bola tenis bisa panas dan terbakar sehingga menghasilkan bau sangat tidak enak. 

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Seprai yang Kusut Saat Menggunakan Mesin Pengering

Namun, apabila Anda khawatir tentang aromanya, turunkan suhu untuk siklus menambahkan bola tenis atau biarkan pakaian mulai mengering sebentar, kemudian tambahkan bola tenis ke dalam siklus pengeringan. 

Sama dengan kain berwarna cerah, pewarna dari bola tenis memiliki sedikit peluang untuk luntur, jadi periksa kembali apakah warnanya tahan luntur sebelum memasukkannya ke pakaian atau kain putih.

Jadi, tak ada salahnya memasukkan beberapa bola tenis ke cucian untuk mengeringkan pakaian lebih cepat dan melembutkan kain. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com