Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amankah Menumpuk Mesin Cuci Bukaan Depan dengan Mesin Pengering?

Kompas.com - 07/10/2022, 16:15 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu kendala dalam mengeringkan pakaian secara manual, yakni menjemurnya di bawah sinar matahari, adalah cuaca.

Apabila cuaca sedang mendung, bahkan hujan selama berhari-hari, pakaian berpotensi tidak benar-benar kering dan terasa sedikit lembap.

Baca juga: 4 Cara Merawat Mesin Cuci Bukaan Depan agar Tahan Lama

Bahkan, ada pula pakaian yang tidak kunjung kering lantaran terciprat air hujan. Jika dijemur di dalam rumah, pakaian bisa berbau apak apabila sirkulasi udara di dalam ruangan kurang memadai.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah menggunakan mesin pengering, terutama bagi yang tidak punya cukup lahan untuk menaruh jemuran.

Ilustrasi mesin pengering pakaian.UNSPLASH / Douglas Monterrosa Ilustrasi mesin pengering pakaian.

Namun, ada pula kendala ketika menggunakan mesin ini, yaitu terbatasnya ruang. Hal ini menjadi perhatian khusus di antara masyarakat penghuni rumah atau apartemen kecil.

Director of Sales & Marketing PT MLC Indonesia, Gustian Pribadi, tidak menampik permasalahan ketersediaan ruang untuk mesin pengering pakaian.

Baca juga: 2 Permasalahan yang Umum Terjadi pada Mesin Cuci Bukaan Depan

Lantas, bagaimana cara menggunakan mesin pengering pakaian sembari menghemat ruang?

“Terutama di apartemen, disarankan menaruhnya di-stacked dengan mesin cuci bukaan depan di bawah, dan mesin pengering di atas,” tuturnya kepada Kompas.com dalam Expo Clean & Expo Laundry 2022 di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta, Rabu (5/10/2022).

Apakah aman?

Gustian mengungkapkan, memang masih ada kekhawatiran di antara konsumen terkait keamanan dalam menumpuk mesin pengering di atas mesin cuci bukaan depan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com