Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengelompokkan Peralatan Pembersih Rumah Berdasarkan Warna

Kompas.com - 07/10/2022, 11:03 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada beragam keuntungan dari mengelompokkan peralatan pembersih rumah berdasarkan warna atau color coding.

Salah satunya, meminimalisir kontaminasi silang dari peralatan yang sering digunakan untuk membersihkan dapur ke peralatan untuk membersihkan area lain.

Baca juga: 5 Manfaat Mengelompokkan Peralatan Pembersih Rumah Berdasarkan Warna

Sebab, pengelompokkan berdasarkan warna mengacu pada metode memisahkan peralatan pembersih berdasarkan warna dan area pembersihan.

Metode pengelompokkan alat pembersih berdasarkan warna mungkin lebih sering digunakan di industri kuliner seperti restoran. Akan tetapi, kamu bisa menerapkannya di rumah.

Ilustrasi membersihkan rumah.Shutterstock/Marian Weyo Ilustrasi membersihkan rumah.

Sebagai contoh, area kamar mandi hanya boleh dibersihkan dengan peralatan pembersih berwarna biru, sementara dapur warna hijau, ruang keluarga warna kuning, dan lain sebagainya.

Apabila tertarik mengelompokkan peralatan pembersih rumah berdasarkan warna, ada panduan yang cukup mudah untuk dilakukan.

Baca juga: Cara Merawat dan Menyimpan Peralatan Pembersih Rumah

Berikut Kompas.com rangkum dari buku panduan milik Vikan, sebuah perusahaan peralatan pembersih asal Denmark, Jumat (7/10/2022).

1. Beri warna pada setiap area

Untuk memudahkan pengelompokkan, beri warna pada setiap area di rumah untuk memudahkanmu memilih peralatan pembersih mana yang cocok untuk membersihkan area tersebut.

Terkait pemilihan warna untuk setiap area, gunakan warna-warna yang mudah dikenali agar anggota keluarga nyaman menggunakan metode ini. Misalnya hijau, biru, merah, putih, dan kuning.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com