Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Merawat Mesin Cuci Bukaan Depan agar Tahan Lama

Kompas.com - 07/10/2022, 14:51 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat ini, model mesin cuci sudah beragam lantaran masyarakat bisa memilih apakah ingin menggunakan mesin cuci top loading (bukaan atas) atau mesin cuci front loading (bukaan depan).

Masing-masing model mesin cuci ini memiliki keuntungan tersendiri, misalnya mesin cuci bukaan depan yang lebih praktis bagi orang-orang dengan hunian mungil dan ingin menghadirkan mesin pengering pakaian.

Baca juga: Cara Mengelompokkan Peralatan Pembersih Rumah Berdasarkan Warna

Sebab, mesin pengering pakaian bisa ditaruh dengan cara ditumpuk di atas mesin cuci bukaan depan. Selain itu, bagian atas mesin cuci juga bisa dimanfaatkan untuk menaruh beragam produk pembersih pakaian.

Inilah yang membuatnya cukup digandrungi di kalangan masyarakat, meski harganya sedikit lebih mahal daripada mesin cuci bukaan atas. Walhasil, orang-orang pun lebih berhati-hati dalam menggunakannya.

Cara merawat mesin cuci bukaan depan

Ilustrasi mesin cuci, ilustrasi mencuci bantal dengan mesin cuci. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi mesin cuci, ilustrasi mencuci bantal dengan mesin cuci.

  • Biarkan pintu sedikit terbuka

Director of Sales & Marketing PT MLC Indonesia, Gustian Pribadi, mengatakan bahwa mesin cuci bukaan depan harus dirawat seperti perabot rumah tangga lainnya.

“Salah satu perawatannya adalah pintu. Pintunya punya magnet. Kalau mesin enggak dipakai, pintunya dibiarin nempel aja ke magnet, jangan ditutup rapat,” tuturnya kepada Kompas.com dalam Expo Clean & Expo Laundry 2022 di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta, Rabu (5/10/2022).

Menurut Gustian, ini untuk membiarkan bau apa pun termasuk bau detergen keluar dari tabung mesin cuci sekaligus memungkinkan sirkulasi udara di dalam mesin.

Baca juga: 2 Permasalahan yang Umum Terjadi pada Mesin Cuci Bukaan Depan

  • Buka pintu dengan hati-hati

Gustian mengungkapkan, salah satu permasalahan yang umum terjadi pada mesin cuci bukaan depan adalah kerusakan pada pintu.

Gustian tidak menampik, kebanyakan mesin cuci bukaan depan untuk penggunaan residensial dan komersial saat ini sudah dibuat dengan material yang tahan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com