Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini Jenis Material Lantai Dapur yang Paling Banyak Disukai

Kompas.com - 02/11/2022, 22:15 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur sering kali menjadi salah satu ruangan pertama yang ditangani pemilik rumah dalam merenovasi rumah.

Kebanyakan orang fokus pada lemari, tapi melupakan bagian-bagian penting seperti lantai dapur

Baca juga: 5 Pilihan Lantai Dapur Ramah Anggaran

Lantai dapur bisa memakan pengeluaran besar. Penyebabnya adalah jenis material serta ukuran dapur. Lantai dapur harus memiliki material yang tahan lama, kokoh menahan beban atau lalu lintas, serta tahan terdapat beragam tumpahan dan noda.

Namun, di samping itu, lantai dapur juga harus bergaya untuk melengkapi desain rumah. 

Dilansir dari House Digest, Rabu (2/11/2022), media online yang membahas rumah ini melakukan survei dan menemukan bahwa hampir 40 persen memilih keramik sebagai lantai dapur. 

Keramik menjadi lantai favorit untuk sebagian besar dapur. Dari 606 total tanggapan terhadap survei eksklusif ini, 230 responden atau sekitar 37,95 persen mengatakan mereka lebih memilih keramik di dapur. 

Baca juga: 3 Cara Membersihkan Lantai Dapur yang Berminyak

Alasannya, keramik menjadi salah satu bahan lantai yang paling umum dan memiliki berbagai pilihan. Selain itu, keramik tahan air, tahan lama, dan mudah dibersihkan sehingga membuatnya ideal untuk ruangan sesibuk dapur.

Keramik juga menjadi favorit karena dapat menambah warna dan corak pada ruangan. Keramik berbentuk geometris, segi enam, dan segitiga menambahkan sentuhan visual yang unik sebagai lawan dari pilihan klasik seperti kotak dan persegi panjang.

Keramik berpola dapat membuat lantai dapur menjadi menonjol dari bagian rumah lainnya. 

Baca juga: 7 Tips Memilih Keramik Lantai Dapur 

Lantai kayu keras 

Ilustrasi lantai kayu. SHUTTERSTOCK/IMAGEFLOW Ilustrasi lantai kayu.
Tak hanya keramik, lantai kayu juga menjadi material lantai dapur favorit. Tak heran, lantai kayu keras berada di urutan kedua dengan 195 dari 606 total responden setuju atau sekitar 32,18 persen suara.

Menggunakan lantai kayu keras di dapur dapat menambah kohesi ke seluruh rumah, tetapi Anda harus hati-hati memperlakukannya. 

Sebab, lantai kayu keras tidak tahan air sehingga harus segera membersihkan tumpahan untuk menghindari kerusakan papan. Selain itu, perlu memoles lantai kayu untuk mempertahankan penampilannya. 

Baca juga: 3 Hal Penting yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Lantai Dapur

Setelah lantai kayu keras, 83 dari total 606 responden atau sebanyak 13,70 persen lebih memilih lantai laminasi.

Selanjutnya, ada lantai vinil memiliki 57 suara atau 9,41 persen dari total suara, linoleum 23 suara atau 3,80 persen, dan gabus paling tidak disukai dengan 18 suara atau 2,97 persen. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com