Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Mudah Menyiasati Lantai Dapur Licin saat Kena Air

Kompas.com - 09/04/2022, 19:13 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Ubin adalah lantai yang sangat populer untuk membuat rumah tampak cantik. Sayangnya, ada beberapa ruangan di rumah yang bisa menjadi sangat berbahaya bila menggunakan ubin yang tak tepat seperti area dapur.

Area yang satu ini sering bersinggungan dengan air dari kegiatan memasak atau mencuci piring, sehingga akan licin bila menggunakan lantai ubin yang biasa.

Namun, bila lantai dapur rumahmu sudah terlanjur menggunakan ubin dengan permukaan halus, kamu tak perlu sampai menggantinya dengan ubin anti selip.

Ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk membuat lantai dapur aman dan tak licin saat terkena air yang telah dilansir dari Kitchen Hands Down, Sabtu (9/4/2022).

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda dari Lantai Vinil

Menggunakan larutan anti selip

Di pasaran sudah ada larutan anti selip yang bisa digunakan untuk membuat lantai halus memiliki tekstur kasar. Kamu bisa menggunakan bahan ini untuk membuat lantai dapur tak licin.

Caranya mudah, kamu tinggal menuangkan larutan lantai anti selip yang sudah kamu beli ke ubin dapur. Lalu meratakannya ke seluruh permukaan lantai. Tunggu hingga 30 menit atau sampai larutan anti selip kering.

Larutan anti selip ini tak akan mengubah penampilan dari ubin dapur. Meski begitu, ada beberapa jenis larutan yang bisa mengubah tampilan ubin. Sehingga kamu perlu hati-hati saat memilih.

Baca juga: Menambah Lantai Bangunan Rumah ke Atas, Bagaimana Tahapannya?

Memakai tapak atau tread anti selip

Tread atau tapak ini juga bisa kamu gunakan untuk membuat area dapur aman dari licin. Bentuk tread anti selip ini mirip dengan karpet, tapi bisa merekat dengan lantai.

Kamu bisa memasang tread di area dapur yang memiliki lantai ubin dengan permukaan halus. Cara ini tidak permanen, sehingga kamu bisa melepas dan memasang tread anti selip sesuai yang kamu mau.

Hanya saja, tread anti selip tidak bertahan lama. Setelah beberapa waktu pemakaian, tapak anti selip akan mengelupas dengan sendirinya. Jadi, kamu perlu menggantinya dengan yang baru secara rutin.

Baca juga: Kenali 4 Jenis Lantai Dapur dan Cara Membersihkannya

Menggunakan karpet anti selip

Ilustrasi lantai dapur dengan material kayuUnsplash/Francesca Tosolini Ilustrasi lantai dapur dengan material kayu

Selanjutnya dengan memakai karpet anti selip. Cara yang satu ini tengah populer karena karpet anti selip selain membuat dapur aman dari cipratan air juga menambah estetika.

Kamu bisa menyesuaikan motif karpet dengan tema dapur agar suasananya semakin menarik. Hanya saja beberapa karpet bisa membuatmu tersandung atau malah semakin membuat lantai licin.

Jadi, saat memilih karpet untuk dapur kamu perlu berhati-hati. Pastikan untuk mencoba karpetnya terlebih dulu sebelum mengaplikasikannya ke lantai dapur.

Baca juga: Tips Mengepel Lantai Layaknya Profesional

Mengepel lantai menggunakan cuka

Cara selanjutnya dengan mengepel lantai menggunakan cuka. Kamu bisa menggunakan alternatif yang satu ini saat membersihkan lantai dapur.

Sebab, cuka akan menghilangkan kandungan bahan yang membuat lantai ubin licin. Apalagi cuka juga lebih aman digunakan untuk membersihkan lantai ubin bila dibandingkan dengan bahan pembersih yang dijual di pasaran.

Caranya cukup campurkan satu cangkir cuka putih dengan 4 liter air. Aduk sampai keduanya tercampur dengan sempurna. Selanjutnya tinggal pel lantai dapur seperti biasa. Kemudian bilas dengan air bersih.

Membersihkan lantai secara teratur, setidaknya seminggu sekali juga bisa membuat ubin lebih awet dan tak licin. Sebab, tak ada debu yang menempel lama di lantai ubin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com