Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/09/2022, 09:47 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman lazimnya ditanam di tanah, namun ada pula tanaman yang bisa tumbuh di air. Menanam tanaman hias di air pun bisa menjadi keindahan tersendiri, yakni menjadi elemen dekorasi rumah.

Menanam tanaman hias di air tidak sulit dilakukan. Anda cukup mengambil potongan berukuran tepat di bawah simpul.

Siapkan wadah untuk menanam potongan akar tanaman. Sementara toples kaca apa pun bisa digunakan, stoples dengan leher tipis bisa membantu.

Baca juga: 10 Tanaman Hias Indoor yang Cocok untuk Rumah Minimalis

Ilustrasi tanaman hias sirih gading, menanam sirih gading di air. SHUTTERSTOCK/PONG WIRA Ilustrasi tanaman hias sirih gading, menanam sirih gading di air.

Setelah tanaman memiliki akar setidaknya satu inci panjangnya, maka tanaman dapat dipindahkan ke tanah pot jika diinginkan.

Dikutip dari Better Homes & Gardens Australia, Rabu (14/9/2022), berikut beberapa tanaman hias yang bisa tumbuh di air dan caranya.

1. Sirih gading

Sirih gading mudah diperbanyak dalam air. Ambil gunting tanaman, potong batang tanaman di bawah simpul, dan rendam dalam air hingga dua minggu untuk berakar.

Setelah pucuk terlihat, tanam sulur ke dalam tanah untuk tumbuh.

Baca juga: 6 Penyebab Pertumbuhan Tanaman Hias Lambat

2. Ara biola

Tanaman lain yang mudah untuk dicoba dan diperbanyak dalam air adalah ara biola. Untuk hasil terbaik, cari potongan dengan banyak simpul.

Letakkan potongan di wadah berisi air tawar di tempat dengan sinar matahari tidak langsung dan tunggu sampai tumbuh. Anda akan melihat akar dalam waktu sekitar enam minggu.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com