Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memberikan Obat Manusia pada Kucing Sakit, Amankah?

Kompas.com - 09/09/2022, 15:25 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa pemilik kucing merasa khawatir ketika sahabat bulunya sedang sakit.

Bahkan, cedera kecil seperti kucing tidak sengaja menabrak cermin karena ingin “bertengkar” dengan bayangannya pun dapat membuat pemilik khawatir. 

Baca juga: Catat, Ini Jenis Obat Manusia yang Beracun bagi Kucing dan Anjing

Karena itu, ketika kucing mengalami iritasi mata, pilek, atau diare, pemiliknya akan bergegas mencari obat yang tepat untuk mengatasi penyakit tersebut. 

Pada manusia, penyakit seperti itu bisa dengan mudah diatasi dengan obat yang dijual di pasaran. Namun, apakah hal serupa juga bisa dilakukan pada kucing? Bolehkah memberikan kucing obat manusia?

“Kucing sangat berbahaya kalau berhubungannya dengan (obat) penurun panas seperti aspirin dan paracetamol. Itu sangat beracun untuk kucing,” tegas dokter hewan Elfan Darmawan. 

Baca juga: Terlanjur Memberi Obat Cacing Manusia ke Kucing, Harus Bagaimana?

Dalam talk show Kind of Talks di media sosial Kompas.com bertajuk “Jaga Kucing Kesayangan dari Virus Panleukopenia”, Rabu (7/9/2022), Elfan mengimbau pemilik kucing tidak memberikan obat manusia kepada kucing peliharaannya. 

Untuk obat seperti aspirin dan paracetamol, misalnya, bisa berakibat buruk pada ginjal kucing peliharaan.

“Kucing bisa mati mendadak karena kesalahan pemilik yang suka memberi obat manusia seperti paracetamol dan aspirin,” kata Elfan. 

Baca juga: Bolehkah Memberikan Obat Cacing Manusia ke Kucing yang Cacingan?

Hanya boleh dikasih obat kucing

Ilustrasi kucing Himalaya.Shutterstock/ecuadorplanet Ilustrasi kucing Himalaya.

Elfan menjelaskan, obat manusia tidak memiliki anjuran dosis untuk diberikan kepada kucing. Jadi, dosis yang dianjurkan untuk manusia belum tentu cocok dengan tubuh kucing.

Lebih lanjut, memberikan obat manusia kemungkinan belum mengetahui gejala apa yang akan timbul pada tubuh kucing setelah mengonsumsinya. 

Menurutnya, hal ini cukup berisiko. Alih-alih membahayakan kucing peliharaan dengan memberinya obat manusia, beri mereka obat khusus kucing.

Baca juga: Amankah Memberi Tempe pada Kucing yang Diare?

“Terlepas dari penyakit yang diidap, kucing sebaiknya dikasih obat khusus kucing. Jangan dicampur-campur. Jadi, kita gunakan dosis yang sesuai dengan berat badannya,” terang Elfan.

Dengan kata lain, kucing yang mengidap penyakit, termasuk penyakit ringan, sebaiknya segera dibawa ke dokter hewan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com