Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Anjing dan Kucing

Kompas.com - 31/08/2022, 19:40 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Hill's Pet

TANGERANG, KOMPAS.com - Sama dengan manusia, hewan peliharaan seperti anjing dan kucing harus mengonsumsi makanan bernutrisi untuk tumbuh sehat.

Namun, tak sedikit pemilik memberikan sahabat bulu makanan yang tidak diperuntukan hewan peliharaan seperti nasi. 

Baca juga: Hewan Peliharaan Lebih Baik Mengonsumsi Makanan Segar, Mengapa?

Novi Wulandari, dokter hewan sekaligus SEA Regulatory Affairs Lead Royal Canin Indonesia, menjelaskan kucing merupakan hewan karnivora dan energi yang pertama dibutuhkan adalah protein tinggi, bukan karbohidrat.

"Kalau anjing membutuhkan karbohidrat, tapi tidak banyak, karena lebih membutuhkan lemak dan protein," ungkap Novi kepada Kompas.com, dalam acara Indonesia International Pet Expo (IIPE) 2022 di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, baru-baru ini.  

Baca juga: Sederet Bahaya Memberikan Makanan Kucing pada Anjing Peliharaan

Selain nasi, ada beberapa bahan makanan yang tidak boleh dikonsumsi anjing dan kucing, dari anggur, bawang, tomat hijau, cokelat, alkohol, xylitol, kacang-kacangan, tulang ayam, hingga ikan

Sebab, kata Novi, makanan tersebut mengandung bahan-bahan yang dapat membuat kucing alergi, bahkan berakibat fatal jika mengonsumsinya. 

"Kalau tulang lebih ke anjing karena mereka suka gigit-gigit tulang. Ini bisa tertelan dan merobek tenggorokan," ungkap Novi. 

Baca juga: Perbedaan Makanan Anjing dan Kucing, Bolehkan Mencampurnya?

Mencegah hewan peliharaan mengonsumsi makanan berbahaya 

Ilustrasi anjing makan.Shutterstock/Javier Brosch Ilustrasi anjing makan.
Kehidupan dan kesejahteraan anjing dan kucing bergantung pada jenis makanan yang dikonsumsinya.

Dengan menjauhkan makanan beracun dan berbahaya serta memastikan mengonsumsi makanan sehat dan seimbang, Anda membantu sahabat buly tetap sehat.

Dilansir dari Hill's Pet, Rabu (31/8/2022), berikut cara mencegah anjing dan kucing mengonsumsi makanan berbahaya dan beracun. 

Baca juga: Bolehkah Anak Kucing Makan Makanan Kucing Dewasa?

1. Simpan makanan jauh dari jangkauan kucing atau anjing. Bahkan Anda perlu memasang kunci di lemari penyimpanan untuk kucing dan anjing yang penasaran.

2. Jangan biarkan anjing dan kucing berada di konter saat Anda sedang memasak atau makan.

3. Hindari  memberi makan sisa makanan Anda kepada hewan peliharaan.

4. Berhati-hati ketika mengajak sahabat bulau liburan. Ada kemungkinan lebih banyak tergoda dengan makanan yang ada. Banyak dari makanan tersebut dapat mengganggu perut kucing atau anjing, bahkan menyakitinya. 

Baca juga: Kenali, Ini Perbedaan Makanan Anjing dan Kucing

Jika melihat atau mencurigai anjing dan kucing telah memakan salah satu makanan yang disebutkan di atas, segera membawanya ke dokter hewan.

Meski beberapa makanan ini hanya menyebabkan sedikit ketidaknyamanan pada kucing atau anjing, ada beberapa yang bisa mengancam nyawanya. Jika ragu, mintalah petunjuk dari dokter hewan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Hill's Pet
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com