Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Dapur Terasa Lebih Besar Tanpa Renovasi

Kompas.com - 26/07/2022, 18:16 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Kitchn

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur menjadi salah satu area yang sering digunakan di rumah. Untuk itu, perlu mendesainnya sefungsional dan senyaman mungkin. 

Dilansir dari The Kitchn, Selasa (26/7/2022), menurut National Kitchen & Bath Association, hampir 80 persen desainer melaporkan peningkatan jejak renovasi dapur mereka pada 2019. 

Baca juga: 6 Tren Warna Cat Dapur Terbaik Menurut Desainer Interior

Dengan kata lain, orang menginginkan dapur yang lebih dari ukuran persegi atau sekadar menarik. Namun, tidak semua orang memiliki waktu atau anggaran untuk merenovasi dapur

Untungnya, ada cara membuat dapur terasa lebih besar tanpa perlu merenovasi besar-besaran, yakni dengan pencahayaan.

"Pencahayaan tersembunyi adalah cara terbaik membuat ruangan terasa lebih luas," kata Kseniya Korolova, agen real estate dan perwakilan penjualan RE/MAX Metropolis Realty Brokerage yang berbasis di Toronto, Kanada. 

Baca juga: Warna Apa yang Paling Cocok untuk Plafon Dapur? Ini Penjelasannya 

Ilustrasi dapur kontemporer, Ilustrasi lantai dapur, Ilustrasi dapur putih.SHUTTERSTOCK / PinkyWinky Ilustrasi dapur kontemporer, Ilustrasi lantai dapur, Ilustrasi dapur putih.
Lampu tersembunyi, yang juga disebut lampu pot, menawarkan tampilan lebih ramping dan kontemporer daripada lampu gantung atau jenis lampu flush mount umum lainnya.

Lampu ini tidak akan menghalangi jika Anda memiliki plafon rendah selama memposisikannya secara merata serta memberikan pencahayaan sekitar yang cukup untuk semua sudut dan celah dapur. 

Lampu pot umumnya harus berjarak sekitar 60-90 sentimeter, meniru aliran dapur, dan menekankan ruang lalu lintas tinggi seperti meja dan kitchen island.

Bola lampu LED merupakan pilihan terbaik untuk memberikan pencahayaan ini karena hemat energi, tahan lama, dan menghasilkan sedikit panas. 

Baca juga: 4 Pencahayaan Ruangan Terpopuler pada Tahun Ini

Korolova juga merekomendasikan pencahayaan di bawah kabinet untuk mencerahkan dapur. Perlengkapan tersembunyi ini dapat digunakan untuk menyoroti backsplash dekoratif atau melengkapi pencahayaan sekitar atau keduanya. 

“Di dapur saya sendiri, saya memiliki lampu sensor di bawah beberapa lemari. Saya membiarkannya menyala pada malam hari ketika menginginkan cahaya tambahan atau  sedang menonton film untuk penerangan latar,” imbuhnya.

Ada beberapa opsi berbeda dalam hal pencahayaan di bawah kabinet. Lampu keping tersembunyi adalah perlengkapan profil rendah yang dipasang langsung ke rak. 

Baca juga: 10 Ide Pencahayaan di Dapur Kecil

Karena memerlukan kabel yang kuat, biasanya memerlukan instalasi profesional. Untuk sesuatu yang lebih ramah-DIY, coba pasang lampu strip.

Namun, bila ingin merombak dapur lebih komprehensif, Korolova menyarankan memilih warna minimalis, perlengkapan, dan sentuhan akhir untuk memainkan ruang dapur.

“Untuk countertops, gunakan warna putih atau putih pudar karena dapur yang lebih gelap memakan banyak ruang secara visual,” ujarnya. 

Baca juga: 3 Jenis Pencahayaan yang Wajib Dimiliki di Dalam Rumah, Apa Saja?

Selain itu, meja dengan warna terang akan memantulkan cahaya lebih baik serta membuat ruang tampak lebih terang dan besar.

“Ini juga membantu jika Anda tidak memiliki lemari besar dan ukiran yang berat. Terlalu banyak detail pada panel interior, misalnya, dapat menghilangkan ruang dan menjadi sangat berat secara visual," tutup Korolova. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com