Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Kiat Sukses Menanam Cabai yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 26/07/2022, 12:19 WIB
Siti Nur Aeni ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Cabai adalah komoditas hortikultura yang nilai permintaannya tinggi. Maka dari itu, banyak petani yang berminat menanam cabai.

Meskipun sudah dilakukan sejak dahulu, sayangnya masih banyak petani yang merugi saat menanam komoditas ini. Lantas, bagaiaman cara menanam cabai yang benar dan menguntungkan?

Melansir dari buku Standar Operasional Prosedur Budidaya Cabai Rawit yang diterbitkan oleh Direktorat Budidaya Tanaman Sayuran & Biofarmaka, Rabu (26/7/2022), berikut ulasan lengkapnya.

Baca juga: 5 Jenis Cabai yang Mudah Tumbuh dan Berbuah di Polybag

1. Penyediaan Benih

Ilustrasi penyemaian benih tanaman cabai menggunakan gelas plastik. SHUTTERSTOCK/DIANA TALIUN Ilustrasi penyemaian benih tanaman cabai menggunakan gelas plastik.

Hal pertama yang harus dilakukan petani dalam praktik budidaya cabai yaitu menyediakan benih. Proses ini diperlukan untuk memastikan benih yang digunakan bermutu dan bisa tumbuh dengan baik.

Setelah mendapatkan benih cabai terbaik, Anda bisa langsung menyemai benih tersebut. Penyemaian dilakukan menggunakan media tanam yang berasal dari campuran pupuk organik, tanah, dan pasir dengan perbandingan 1:1:1.

Media tanam tersebut harus dalam keadaan steril. Tujuannya untuk menghindari penyakit yang menyerang bibit cabai.

2. Persiapan Lahan

Tahapan menanam cabai berikutnya yaitu menyiapkan lahan yang sesuai dengan pertumbuhan tanaman. Kegiatan persiapan lahan meliputi; pengolahan lahan, pemberian pupuk dasar, dan atau pemasangan mulsa.

Pupuk dasar yang digunakan berupa pupuk organik yang sudah matang dan pupuk NPK. Pemberian pupuk organik disarankan 2 minggu sebelum tanam dan pupuk NPK 7-10 hari sebelum tanam.

Setelah itu, bedengan disiram dan ditutup menggunakan mulsa. Setelah mulsa terpasang, Anda bisa langsung membuat lubang tanam dengan jarak 50 x 70 cm (musim hujan) dan 40 x 50 cm (musim kemarau).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com