Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Bahan Ini Bisa Digunakan untuk Membersihkan Panci dan Wajan Gosong

Kompas.com - 17/06/2022, 07:47 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Baik Anda baru saja membuat wajan dan panci gosong saat memasak, atau memang sudah memasuki usianya, mengetahui cara membersihkan panci gosong dapat menyelamatkan peralatan masak favorit Anda.

Namun, dilansir Martha Stewart, Jumat (17/6/2022), kombinasi air panas dan sabun cuci piring tidak bisa menghilangkan noda gosong tersebut.

Lantas, bagaimana mengatasinya? Berikut beberapa metode dan produk yang dapat digunakan untuk membersihkan wajan dan panci yang gosong.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Noda Kalsium Putih pada Panci Besi Cor

Ilustrasi membersihkan panci gosong dengan baking soda. SHUTTERSTOCK/THAMKC Ilustrasi membersihkan panci gosong dengan baking soda.

1. Baking soda atau soda kue

Salah satu cara termudah untuk membersihkan panci yang terbakar membutuhkan dua bahan dasar yang dapat Anda temukan di dapur, yakni air dan soda kue alias baking soda. 

Mulailah dengan membuat pasta kental menggunakan tiga bagian soda kue dan satu bagian air.

Oleskan pasta secara merata di atas area yang terbakar, lalu gosok secara agresif selama beberapa menit sampai area yang terbakar mulai berkurang.

Keasaman soda kue yang memiliki tingkat pH sekitar delapan akan membantu melarutkan noda dan memecah makanan yang menempel.

Baca juga: 3 Cara Membersihkan Bagian Bawah Panci Stainless Steel

2. Pemutih

Ini adalah salah satu bahan kimia paling keras dan paling kuat untuk digunakan, dan hanya cocok untuk digunakan pada bahan tertentu.

"Peralatan dapur yang terbuat dari permukaan keras dan tidak berpori seperti keramik, kaca, dan baja tahan karat dapat dirawat dengan aman dengan larutan pemutih cair pembersih untuk menghilangkan noda," kata Mary Gagliardi, ilmuwan internal Clorox dan ahli kebersihan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com