Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Membersihkan Bagian Bawah Panci Stainless Steel

Kompas.com - 10/06/2022, 18:43 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Panci stainless steel terlihat cantik saat masih baru, tetapi setelah beberapa kali digunakan akan tampak kurang cemerlang.

Permukaan bawah panci akan mengalami bintik-bintik air kapur, penumpukan mineral, dan noda gosong.

Untungnya, dilansir dari Hunker, Jumat (10/6/2022), ada beberapa cara mengembalikan tampilan panci stainless steel kembali baru menggunakan bahan-bahan dapur seperti berikut ini. 

Baca juga: 5 Manfaat Memiliki Panci Presto atau Pressure Cooker untuk Memasak

Penumpukan mineral

Ilustrasi panci aluminium, wajan aluminium. FREEPIK/FABRIKASIMF Ilustrasi panci aluminium, wajan aluminium.
Bintik-bintik putih yang tampak seperti kapur membuat panci stainless steel menjadi tampak kotor.

Bintik-bintik ini muncul saat air menguap, lalu meninggalkan endapan mineral yang sulit dihilangkan. Hal ini bisa terjadi saat merebus air, bahkan membiarkan panci mengering setelah dicuci. 

Baca juga: Cara Membersihkan Bagian Dalam Panci yang Gosong

Jika noda terdapat pada bagian dalam panci, rebus satu bagian cuka putih dengan tiga bagian air. Pastikan cairan cukup untuk menutupi area yang terkena. 

Setelah cairan mendingin, tuangkan dan bersihkan bagian dalam panci. Cuci dan lap hingga kering. Untuk bagian luar panci, campur cuka dengan air keran panas, lalu oleskan ke serbet.

Lap panci dengan kain atau biarkan kain tetap di bawah panci selama beberapa menit sebelum menyeka noda. 

Baca juga: 7 Kebiasaan yang Bisa Merusak Panci Antilengket 

Sisa makanan 

Ilustrasi panci presto atau pressure cooker.SHUTTERSTOCK/GCAFOTOGRAFIA Ilustrasi panci presto atau pressure cooker.
Sisa makanan yang tidak dibersihkan dapat mengering dan meninggalkan noda lengket pada permukaan dasar panci.

Untuk mengatasinya, gosok permukaan bawah panci, lalu isi panci dengan air secukupnya untuk menutupi bagian yang bermasalah.

Tambahkan sedikit sabun cuci piring, lalu didihkan air sebentar. Gosok bagian dalam panci dengan hati-hati menggunakan spatula, pengikis kayu, atau sendok besar. Berhati-hatilah untuk tidak menumpahkan air agar tidak terkena kulit. 

Baca juga: 5 Cara Mencegah Nasi Menempel di Panci Rice Cooker

Jika masih ada sisa makanan, rendam panci dalam air panas sebentar. Air panas bekerja sangat baik untuk menghilangkan kotoran, terutama dengan sedikit tambahan sabun.

Jika area yang memiliki sisa makanan berada pada bagian bawah luar panci, isi panci yang lebih besar dengan air hampir mendidih dan semprotkan sabun cuci piring pada wastafel.

Letakkan panci ke dalam air sampai menutupi sisa makanan. Biarkan panci meresap selama 30 menit, bahkan semalaman, lalu gosok dengan baking soda atau pembersih dapur. 

Baca juga: Kapan Panci dan Wajan Harus Diganti? 

Noda hangus 

Pada permukaan panci stainless steel yang mengkilap, noda hangus bisa terlihat jelas. Untuk menghilangkannya, buat pasta dari campuran baking soda dan air.

Setelah itu, oleskan pasta ke seluruh bagian bawah panci, lalu gosok dengan scrub dapur non-abrasif yang lembap, dan bilas. 

Jika masih ada noda hangus, taburkan lebih banyak baking soda, dan tuangkan sedikit cuka pada atasnya. Asam dalam cuka dapat membantu menghilangkan noda yang tersisa. Tunggu beberapa menit, lalu bersihkan dengan scrub sebelum membilasnya.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com